Dinkes Sulsel: Antusiasme Masyarakat Ikut Vaksinasi Menurun

Capaian vaksinasi di Sulsel belum sampai 50 persen

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan masih berupaya mengejar target vaksinasi di wilayahnya. Sebab hingga kini, capaian vaksinasi bahkan belum memasuki setengah dari target tujuh juta penduduk.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, sebenarnya tidak ada lagi masalah untuk mengejar target karena ketersediaan vaksin sudah cukup banyak. Namun menurutnya antusiasme masyarakat untuk ikut vaksinasi agak menurun.

"Kalau awal-awal kan kita selalu kekurangan vaksin. Masyarakat yang antusias sekali. Sekarang vaksin yang agak berlebih, masyarakat yang berkurang antusiasmenya, bukan berarti tidak mau," kata Arman, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

1. Kasus COVID-19 menurun

Dinkes Sulsel: Antusiasme Masyarakat Ikut Vaksinasi MenurunIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Arman, menurunnya antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi lantaran penurunan kasus COVID-19. Kasus di Sulsel memang cenderung menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Pada bulan Agustus saja, angka kasus harian nyaris selalu menyentuh angka 1.000 kasus per hari. Namun belakangan ini, angka kasus harian selalu berada di bawah 100 kasus.

"Mungkin karena kasus COVID-19 mulai berkurang. Dulu waktu puncak-puncak COVID-19 di bulan Agustus banyak orang mau divaksin. Tapi karena sudah turun, orang jadi agak santai juga," kata Arman.

2. Pemda harus punya inovasi

Dinkes Sulsel: Antusiasme Masyarakat Ikut Vaksinasi MenurunIlustrasi vaksinasi (ANTARA FOTO/Fauzan)

Namun Arman menyebutkan capaian vaksinasi bahkan belum menyentuh persentase 40 persen. Padahal vaksinasi ini telah dimulai sejak awal tahun 2021.

Karena itu, Pemprov harus mencari cara supaya target vaksinasi segera terpenuhi dan herd immunity atau kekebalan kelompok bisa segera terbentuk. Salah satu upayanya baru-baru ini yaitu menggandeng PKK untuk memvaksinasi 300 ribu warga di Sulsel.

"Itu salah satu langkah bagaimana mengejar target yang diharapkan. Sekarang kita tetap melakukan program dari kabupaten/kota masing-masing mencari cara inovasi untuk bagaimana mengejar target," kata Arman.

3. Sulsel target 7 juta sasaran vaksinasi

Dinkes Sulsel: Antusiasme Masyarakat Ikut Vaksinasi Menurunilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Sulsel menargetkan 70 persen dari sekitar 9 juta warganya untuk mengikuti vaksinasi. Artinya, ada 7 juta warga yang menjadi sasaran vaksinasi. 

Kendati demikian, Pemprov tetap optimistis target tersebut bisa dicapai hingga akhir tahun 2021 nanti. Karenanya, setiap daerah diminta membuat inovasi untuk menarik kembali antusiasme masyarakat agar mau divaksinasi.

"Awalnya kita berusaha target sampai 70 persen dari total penduduk. Yang penting kita berusaha," kata Arman.

Baca Juga: PTM Picu Klaster COVID-19 Sekolah, Bagaimana di Sulsel?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya