Debat Pilkada Barru Hanya Dihadiri Satu Paslon, Dua Lainnya Mangkir

Malkan Amin kecewa pada KPU

Makassar, IDN Times - Debat publik kedua Pilkada Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, digelar di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Selasa (24/11/2020). Namun dari tiga pasangan calon yang bertarung, debat hanya diikuti satu paslon, yakni nomor urut 2, Suardi Saleh dan Aska Mappe. 

Paslon nomor urut 1, Mudassir Hasri Gani - Aksah Kasim dan paslon nomor urut 3, Malkan Amin - Salahuddin Rum tidak hadir alias mangkir dalam acara debat kedua.

Meski hanya dihadiri satu paslon, namun pelaksanaan debat tetap berlangsung. 

1. Malkan Amin mengaku kecewa kepada KPU Barru

Debat Pilkada Barru Hanya Dihadiri Satu Paslon, Dua Lainnya MangkirCalon Bupati Barru nomor urut 3, Malkan Amin. Tangkapan layar

Calon Bupati Barru nomor urut 3, Malkan Amin, menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Barru atas ketidakhadirannya dalam debat publik kedua. Permohonan maaf itu dia sampaikan melalui sebuah video singkat berdurasi 3 menit 14 detik. 

Malkan menyampaikan alasan tidak hadir dalam debat publik kedua lantaran kecewa kepada KPU Barru yang dinilainya tidak netral terhadap semua paslon. 

Dia menilai bahwa KPU setempat sudah tidak memberikan keputusan-keputusan yang seharusnya berdasarkan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam undang-undang maupun di dalam PKPU sendiri.

"Saya tidak usah menyinggung di sini. Karena di luar daripada konteks. Nanti pengacara kita yang akan menjelaskan. Tapi yang pasti, saya tidak ikut acara debat ini disebabkan karena saya sudah tidak percaya lagi terhadap kondisi KPU Barru saat ini," kata Malkan.

2. Merasa diabaikan oleh KPU

Debat Pilkada Barru Hanya Dihadiri Satu Paslon, Dua Lainnya MangkirTangkapan layar dari video debat Pilkada Barru, Selasa (24/11/2020). Dok. IDN Times/Kompas TV

Selama ini, kata Malkan, pihaknya selalu patuh terhadap tahapan-tahapan yang dilakukan oleh KPU. Karena pihaknya berharap KPU bisa menjadi lembaga independen sesuai kewenangannya.

Namun dia merasa harapan itu justru diabaikan begitu saja oleh seluruh komisioner KPU Barru.

"Niat baik kami untuk kembali menjadi paslon itu antara lain hanya karena kami ingin memberikan dharma bakti kami kepada masyarakat," kata Malkan lagi.

Baca Juga: Gugur di Pilkada Barru, Agus Nu'mang Bantah Andi Ogi Pakai Narkoba

3. Ketua KPU Barru berharap dinamika pilkada tidak memecah belah keharmonisan masyarakat

Debat Pilkada Barru Hanya Dihadiri Satu Paslon, Dua Lainnya MangkirTangkapan layar dari video debat Pilkada Barru, Selasa (24/11/2020). Dok. IDN Times/Kompas TV

Ketua KPU Barru, Syarifuddin H Ukkas, dalam sambutan di acara debat mengatakan, pihaknya berharap masyarakat tidak terpecah karena dampak pilkada.   

"Besar harapan kami dengan dinamika yang muncul pada saat sekarang ini, akan berakhir dengan sendirinya," ucap Syarifuddin dalam siaran YouTube Kompas TV.

Syarifuddin mengakui pilkada Barru berlangsung dengan penuh dinamika. "Apa yang terjadi sekarang ini menjadi bagian pelaksanaan kita, dan itu dinamika yang berkembang di masyarakat," kata Syarifuddin.

Baca Juga: Debat Publik Perdana, 3 Paslon Pilkada Barru Adu Visi-Misi dan Program

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya