Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Pangkep, Ini Visi-Misi 4 Paslon

Mana pilihanmu?

Makassar, IDN Times - Debat kandidat putaran pertama calon Bupati Pangkep di Pilkada 2020 berlangsung di Hotel Gammara, Makassar, Minggu (1/11/2020). Debat ini dipandu oleh Muhammad Iqbal Sultan yang juga merupakan Ketua Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin.

Pilkada tahun ini diikuti 4 paslon. Mereka adalah Muhammad Yusran Lalogau-H Syahban Samanna (nomor urut 1), Abdul Rahman Assagaf-Muammar Muhayang (nomor urut 2), Andi Ilham-Rismayani (nomor urut 3), Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (nomor urut 4).

Adapun tema debat putaran pertama ini yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, pelayanan publik, penegakan hukum, tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, serta kebijakan menangani pandemik COVID-19.

1. Muhammad Yusran Lalogau-H Syahban Samanna ingin tingkatkan ekonomi kerakyatan

Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Pangkep, Ini Visi-Misi 4 PaslonPaslon Bupati Pangkep nomor urut 1 Muhammad Yusran Lalogau-H Syahban Samanna saat debat publik di Hotel Gammara Makassar, Minggu (1/11/2020). Tangkapan layar

Paslon nomor urut 1, Muhammad Yusran Lalogau-H Syahban Samanna, membawa semangat Pangkep Hebat. Yusran menjelaskan, filosofi ini melambangkan sistem pemerintahan yang harmonis, energik, bersih, amanah, dan takwa. 

Untuk mewujudkan Pangkep Hebat ini, mereka menyiapkan 10 program strategis yang mereka sebut sebagai dasacita Pangkep Hebat. Kesepupluh program itu adalah, Pangkep Kuat, Pangkep Cerdas, Pangkep Berbudaya, Pangkep Berpresatasi, Pangkep Maju, Pangkep Sehat, Pangkep Peduli, Pangkep Relijius, Pangkep Sejahtera, dan Pangkep Indah.

"Kesemua ini akan kami tuangkan ke dalam RPJMD Kabupaten Pangkep jika insya Allah kami diberi kepercayaan oleh masyarakat Kabupaten Pangkep," kata Yusran dalam siaran langsung yang disiarkan iNews. 

Yusran menyebut bahwa rakyat adalah kekuatan terbesar dalam demokrasi. Di bidang ekonomi, justru ekonomi rakyatlah yang menyelamatkan Kabupaten Pangkep. Karenanya, ekonomi rakyatlah yang harus dijalankan.

"Pasar-pasar rakyat harus dipelihara, diperbanyak dan digunakan sebagai penyangga ekonomi daerah. Rakyat harus diajak untuk terliat penuh dalam perekonomian untuk kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat Kabupaten Pangkep," kata Yusran.

2. Kepentingan masyarakat jadi prioritas utama bagi Abdul Rahman Assagaf-Muammar Muhayang

Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Pangkep, Ini Visi-Misi 4 PaslonPaslon Bupati Pangkep nomor urut 2 Muhammad Yusran Lalogau-H Syahban Samanna saat debat publik di Hotel Gammara Makassar, Minggu (1/11/2020). Tangkapan layar

Paslon nomor urut 2, Abdul Rahman Assagaf-Muammar Muhayang mengungkapkan bahwa menempatkan kepentingan masyarakat dalam membuat program adalah prioritas utama. Agar program tersebut linear, maka diperlukan langkah strategis dasar yang mutlak harus dijalankan.

Abdul Rahman menyebutkan pertama, menginventarisir, mengakomodir dan mengindentifikasi kebutuhan maupun permasalahan yang urgen di masyarakat Kabupaten Pangkep sehingga dipastikan kegiatan pembangunan tersebut benar dan realistis. 

"Dua menyusun skala prioritas maupun formulasi, Ketiga, memperluas akses komunikasi dengan jajaran birokrasi dan pelaku usaha," katanya.

Selanjutnya yang keempat, mengoptimalkan tumbuhnya partisipasi masyarakat untuk mendukung keberhasilan seluruh program yang direncakan maupun yang sedang berjalan. 

Hal inilah yang nantinya menjadi dasar dalam menyusun program jika nanti mereka terpilih sebagai Bupati Pangkep.

Baca Juga: Adnan-Kio Janji Tidak Izinkan Alih Fungsi Lahan Pertanian di Gowa

3. Andi Ilham-Rismayani berjanji akan membawa Pangkep menjadi unggul dan religius

Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Pangkep, Ini Visi-Misi 4 PaslonPaslon Bupati Pangkep nomor urut 3 Andi Ilham-Rismayani saat debat publik di Hotel Gammara Makassar, Minggu (1/11/2020). Tangkapan layar

Paslon nomor urut 3, Andi Ilham-Rismayani berjanji akan membawa Pangkep menjadi unggul dan religius. Hal ini merupakan visi yang mereka usung. Dengan visi ini, mereka akan membawa Kabupaten Pangkep sebagai daerah yang berkembang pesat di Sulsel. 

Andi Ilham mengatakan, mereka akan membawa Kabupaten Pangkep sebagai salah satu pusat peradaban baru dengan sistem pemerintahan, perekonomian dan ilmu pengetahuan dan tekonologi yang lebih maju. Dengan begitu, maka akan tercipta penataan dan pembangunan wilayah serta penataan sistem yang unggul, sejahtera, berkarakter dan religus.

"Insya Allah dengan visi ini juga akan menjadikan sumber daya manusia yang tangguh, kompetitif, berdaya saing tinggi, dan produktif serta mampu secara maksimal mengelola sumber daya alam," kata Andi Ilham.

Mereka juga memastikan akan adanya upaya terarah, terpadu, berguna dan berkelanjutan sebagai bentuk pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup layak. 

"Selain itu juga meningkatkan peran serta pemerintah dalam menjunjung tinggi harkat dan martabat, nilai-nilai tata budaya dan adat sebagai identitas daerah," katanya.

4. SDM dan SDA jadi fokus Andi Nirawati-Lutfi Hanafi

Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Pangkep, Ini Visi-Misi 4 PaslonPaslon Bupati Pangkep nomor urut 4 Andi Nirawati-Lutfi Hanafi saat debat publik di Hotel Gammara Makassar, Minggu (1/11/2020). Tangkapan layar

Paslon nomor urut 4, Andi Nirawati-Lutfi Hanafi mengusung visi pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan menuju Pangkep yang adil dan sejahtera.

Untuk mewujudkan visi tersebut, paslon ini memaparkan 6 misi mereka. Pertama meningkatkan potensi maritim sebagai sumber PAD. Kedua, memperkuat kemandirian ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan UMKM dan sektor ekonomi kreatif.

Ketiga, menjadikan Kabupaten Pangkep sebagai pusat pariwisata 3 dimensi. Keempat, meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas secara merata serta menciptakan pola adaptif dalam pendidikan dasar dan menengah selama masa pandemik.

Kelima, menyediakan sarana dan pelayanan kesehatan yang paripurna, terjangkau dan manusiawi secara berkesinambungan. Keenam, menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani.

"Itulah visi misi yang akan kami gunakan untuk mengantarkan Kabupaten Pangkep menuju sejahtera," Andi Nirawati.

Baca Juga: 3 Paslon Pilkada Maros Mengumbar Jurus Atasi Kesenjangan Pembangunan 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya