Danny Pomanto Wajibkan Laskar Pelangi Bawa 10 Orang untuk Divaksinasi

Genjot vaksinasi lansia

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar sedang berupaya mempercepat target vaksinasi, khususnya pada lansia. Laskar Pelangi yang belum menjalani seleksi pun nantinya akan turut dilibatkan untuk percepatan vaksinasi.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan satu orang anggota Laskar Pelangi wajib membawa minimal 10 orang untuk divaksinasi. Dengan begitu, target vaksinasi di Makassar diharapkan bisa segera tercapai.

"Logikanya, kalau ini Laskar Pelangi saya wajibkan 10 (orang), kemudian yang diterima 10.000 saja, maka akan ada 100.000 orang (divaksinasi). Kalau 100.000 memberi kontribusi hampir 10 persen," kata Danny usai rapat koordinasi terkait vaksinasi di Balai Kota Makassar, Rabu (15/12/2021).

1. Laskar Pelangi merupakan pengganti tenaga kontrak

Danny Pomanto Wajibkan Laskar Pelangi Bawa 10 Orang untuk DivaksinasiBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Laskar Pelangi adalah singkatan dari Laskar Pelayanan Publik Integritas. Laskar Pelangi merupakan konsep untuk menggantikan istilah tenaga kontrak atau honorer. 

Seleksi penerimaan Laskar Pelangi rencana dimulai pada 18 Desember 2021 mendatang. Seleksi ini akan diikuti sekitar 12.000 tenaga kontrak atau honorer yang terverifikasi dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Makassar. Seleksi juga diikuti peserta baru di luar tenaga kontrak.

"Tes ini betul- betul harus cepat karena pakai sistem CAT, sehingga kita usahakan mengumumkan sebelum tanggal 31 Desember 2021," kata Danny.

2. Diprioritaskan mengajak lansia

Danny Pomanto Wajibkan Laskar Pelangi Bawa 10 Orang untuk DivaksinasiIlustrasi Vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Danny mengatakan pengumuman Laskar Pelangi harus cepat supaya mereka bisa segera mencari 10 orang untuk divaksinasi. Namun diprioritaskan adalah lansia karena capaian vaksinasi lansia masih rendah.

"Begitu kita umumkan, bersamaan dia harus mencari 10 orang untuk divaksian. Boleh dia kapling memang neneknya, orang tua, tante yang belum vaksin," kata Danny.

Sebelum penempatan, Laskar Pelangi yang dinyatakan lolos terlebih dahulu akan diminta menunjukkan 10 kartu atau sertifikat vaksinasi baru sebagai bukti mereka telah mengajak 10 orang untuk divaksinasi. 

"Supaya sekalian dapat 100 persen Kota Makassar. Salah satu syarat sebagai pejuang negara. Kan laskar, laskar artinya pemberani. Jadilah pahlawan, ajak nenek vaksin," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Ingin Gantikan Honorer dengan Laskar Pelangi, Apa Itu?

3. Makassar belum vaksinasi anak

Danny Pomanto Wajibkan Laskar Pelangi Bawa 10 Orang untuk Divaksinasiilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Capaian vaksinasi di Kota Makassar sebenarnya cukup tinggi yaitu 79 persen. Namun Pemkot merasa belum puas dengan capaian tersebut. Belum lagi capaian vaksinasi lansia juga masih rendah yaitu 41 persen.

Hal tersebut kemudian membuat Makassar belum bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun seperti daerah lainnya. Pasalnya salah satu syarat untuk vaksinasi tersebut adalah capaian vaksinasi umum di suatu daerah mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen.

Jika melihat syarat tersebut, maka jelas bahwa Makassar belum memenuhi syarat. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah mengatakan pihaknya pun sangat menggenjot vaksinasi lansia, setidaknya hingga akhir Desember 2021.

"Kita terkendala lansia, makanya mau digenjot lansia. Setelah itu, kementerian yang mau memberikan kita alokasi vaksin. Mudah-mudahan kita bisa laksanakan di awal tahun 2022," kata Nursaidah.

Baca Juga: Pemkot Makassar Seleksi Laskar Pelangi Mulai November

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya