Danny Pomanto Sedekahkan Uang Panaik Putrinya untuk Zakat

Berharap pernikahan putrinya semakin berkah

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyedekahkan sebagian uang panai putri sulungnya, Aura Aulia Imandara, kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Makassar. 

Penyerahan itu berlangsung secara simbolis sebelum akad nikah di Upperhiils Convention Hall Makassar, Jumat (6/5/2022). Sedekah itu diterima langsung oleh Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tomanggong.

"Zakat uang panai, ini program Baznas. Wali Kota Makassar perlu menjadi contoh maka kami memulai hari ini. Mohon doa restu," kata Danny dalam sambutannya.

1. Uang panaik bagian dari tradisi Bugis-Makassar

Danny Pomanto Sedekahkan Uang Panaik Putrinya untuk ZakatIlustrasi uang tunai baru (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Uang panaik sendiri merupakan salah satu tradisi dalam pernikahan masyarakat Bugis dan Makassar. Uang ini diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada pihak mempelai perempuan berdasarkan kesepakatan.

Uang panaik berbeda dengan mahar. Uang ini merupakan uang belanja yang akan digunakan oleh pihak mempelai perempuan untuk keperluan pernikahan. Artinya, semua keperluan untuk acara pernikahan telah dihitung dan diakumulasikan dalam uang tersebut.

Besaran uang panaik juga bervariasi dari puluhan hingga ratusan Rupiah. Bahkan ada yang sampai mencapai miliaran. Semuanya ditentukan berdasarkan status sosial calon mempelai perempuan. Bisa dari tingkat pendidikan, kekayaan hingga status kebangsawanan.

2. Danny enggan sebut nominal

Danny Pomanto Sedekahkan Uang Panaik Putrinya untuk ZakatWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny pun enggan menyebutkan jumlah pasti uang panai yang diterima putrinya. Dia juga enggan menyebut berapa banyak yang dia serahkan ke Baznas.

Menurutnya tidak ada paksaan untuk menyedekahkan uang panai. Dalam hal ini, dia mengaku hanya memberikan contoh kepada masyarakat.

"Zakat itu sifatnya anjuran, tidak boleh dipaksa, karena keimanan itu di situ  Keimanan tidak boleh dipaksa tapi kita harus terus menyosialisasikan. Tidak ada nilainya, keikhlasan," ucapnya.

Baca Juga: Gelar Lomba Lari di Makassar, Danny Janjikan Beasiswa bagi Pemenang

3. Danny berharap pernikahan putrinya berkah

Danny Pomanto Sedekahkan Uang Panaik Putrinya untuk ZakatProsesi akad nikah Aura Aulia Imandara dan dr Udin Syahputra Malik di Upperhiils Convention Hall Makassar, Jumat (6/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Dengan menyedekahkan sebagian uang panaik tersebut, Danny berharap pernikahan putri sulungnya itu akan lebih berkah dan mudah rezeki. Dia pun berharap uang yang telah disedekahkan itu dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

"Kalau mau menikah dapat berkah, menikah kan ada namanya akad, ikatan, kalau mau lestari disempurnakan dengan zakat," kata Danny. 

Adapun putri Danny Pomanto, Aura Aulia Imandara, menikah dengan seorang dokter bernama dr Udin Syahputra Malik. Prosesi akad nikah mereka disaksikan oleh Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali dan saudara kandung Danny Pomanto Adolf Hidayat Pomanto jadi saksi mempelai wanita, Aura Aulia Imandara.

Sementara Wakil Ketua Mahkamah Agung Samsan Nganro dan Mantan Rektor Unhas Idrus Paturusi menjadi saksi pernikahan dari mempelai pria dr Udin Saputra Malik.

Baca Juga: Akad Nikah Putri Sulung Wali Kota Makassar Diwarnai Suasana Haru

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya