Danny-Fatma Menang Pilkada Makassar karena Lebih Populer

Adama' menang hitung cepat versi tiga lembaga survei

Makassar, IDN Times - Pasangan calon Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto - Fatmawati Rusdi diunggulkan lewat hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Makassar 2020. Tiga lembaga survei menempatkan Danny-Fatma sebagai peraih suara terbanyak.

Menurut Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan dengan akronim Adama itu meraih 41,38 persen suara. Berdasarkan quick count Jaringan Suara Indonesia (JSI), Danny-Fatma unggul dengan perolehan 40,66 persen. Sedangkan pada hitung cepat Celebes Research Center (CRC), perolehan suara di angka 41,21 persen.

"Pemenang Pilkada Makassar 2020 versi quick count kali ini adalah Danny Pomanto dan pasangannya Fatmawati Rusdi," kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso, pada konferensi pers di Hotel Claro Makassar, Rabu petang.

Baca Juga: Pidato Resmi Danny-Fatma setelah Unggul Quick Count Pilkada Makassar

Baca Juga: Pilkada Makassar 2020, Appi-Rahman Ucapkan Selamat untuk Danny-Fatma

1. Danny-Fatma lebih populer dan disukai dibandingkan paslon lain

Danny-Fatma Menang Pilkada Makassar karena Lebih PopulerQuick count Pilkada Makassar versi LSI Denny JA. IDN Times/Aan Pranata

LSI Denny JA menggelar quick count Pilkada Makassar bersama Citra Publik Indonesia. Penghitungan cepat menggunakan data penghitungan suara pada sampel 250 TPS. 

Sampel, kata Hanggoro, dipilih secara acak dan proporsional dari seluruh kecamatan se-Makassar. Penghitungan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kesalahan atau margin of error kurang lebih satu persen.

Dann-Fatma unggul 5,50 persen atas pesaing terdekatnya, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando. Appi-Rahman memperoleh 34,79 persen suara. Pasangan nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda menempati peringkat tiga perolehan suara, yakni 19,09 persen. Sedangkan pasangan nomor 5 Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin meraih 4,74 persen suara.

Menurut Hanggoro, pasangan Danny-Fatma unggul, salah satunya karena lebih populer dibandingkan paslon lain. Menurut survei, tingkat keterkenalan Danny di masyarakat hampir mencapai seratus persen, sedangkan Fatma sekitar 70,9 persen. Di sisi lain, tingkat ketersukaan mereka oleh masyarakat juga lebih dominan.

"Kepuasan (terhadap) kerja DP (Danny Pomanto) saat menjabat, masyarakat menganggap puas dan kinerjanya baik," kata dia. 

2. Hasil rekapitulasi KPU disebut tidak akan jauh beda

Danny-Fatma Menang Pilkada Makassar karena Lebih PopulerKonferensi pers quick count JSI di Makassar. IDN Times/Aan Pranata

Pada hasil quick count JSI pada sampel 270 TPS,  Danny-Fatma menang dengan perolehan suara 40,66 persen. Berikutnya, berturut-turut Appi-Rahman (34,73 persen), Ical-Fadli (19,72 persen), dan Irman-Zunnun (4,89 persen).

Wakil Direktur Eksekutif JSI Popon Lingga Geni mengatakan Danny-Fatma menang di hampir semua daerah pemilihan dengan perolehan suara rata-rata di atas 40 persen. Mereka cuma kalah di daerah pemilihan IV, yakni Kecamatan Manggala dan Panakkukang.

Popon mengatakan hasil quick count tidak akan sama dengan hasil rekapitulasi resmi KPU. Sebab hitung cepat cuma menggunakan sampel suara di TPS. Meski begitu, selisih dua jenis penghitungan disebut tidak akan jauh berbeda.

"Kita declare maksimum bedanya satu persen, sesuai margin of error," kata dia.

3. Danny minta pendukung tidak euforia, Appi ucapkan selamat

Danny-Fatma Menang Pilkada Makassar karena Lebih PopulerDok. KPU Makassar

Danny-Fatma menyampaikan pidato di depan pendukungnya di posko pemenangan Tim ADAMA, Jalan Faisal, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020) sore. Danny menyampaikan terima kasih kepada para partai pendukung antara lain, Partai NasDem, Gerindra, Berkarya, Bulan Bintang, dan Partai Gelora. Selain itu, dia menyebut bahwa Pilkada Makassar menghadirkan kontestasi demokrasi yang dinamis.

"Boleh kita bertarung, tapi kami semua sebenarnya sahabat sejati," kata Danny.

Danny mengatakan, seluruh tim sukses dan pendukung yang ada di 15 kecamatan di Makassar telah bekerja keras hingga membuat pasangan ADAMA unggul sementara versi hitung cepat atau quick count.

Kepada sekitar 200 orang yang memadati posko pemenangan ADAMA, Danny meminta mereka untuk tidak meluapkan kebahagiaan dengan cara konvoi di jalan raya.

"Penetapan kemenangan belum ada, ini baru quick count, jangan euforia," ucap Danny.

Terpisah, Appi-Rahman mengucapkan selamat atas keunggulan suara Danny-Fatma. Appi menyatakan dia dan Rahman bersedia membantu wali kota terpilih dalam membangun Kota Makassar.

"Kami berharap di bawah kepemimpinan bapak Ramdhan Pomanto bisa membawa Makassar ini jauh lebih baik ke depan bersama ibu Farmawati," kata Munafri dalam konferensi pers di Menara Bosowa, Jalan Jenderal Sudiman, Makassar, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: LSI Denny JA: Danny-Fatma Menang 41,38 Persen di Pilkada Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya