Danny: Butuh Investasi Besar Hadirkan Listrik PLN di Barrang Caddi

Warga Pulau Barrang Caddi belum nikmati listrik PLN

Makassar, IDN Times - Genset di Pulau Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, sudah tiga bulan rusak. Alat yang menjadi satu-satunya sumber listrik warga itu mulai diperbaiki oleh pemerintah kota.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, mengatakan Pemkot hanya bisa fokus mengurus perbaikan genset untuk saat ini. Untuk menghadirkan listrik PLN dalam jangka panjang, Danny menyebut itu belum memungkinkan.

"Tidak (memungkinkan). Perlu perencanaan jangka panjang. Kalau listrik itu kan mahal investasinya. Yang penting ini adalah perawatannya (genset)," kata Danny melalui telepon, Kamis (18/11/202). 

1. Genset warga sementara diperbaiki

Danny: Butuh Investasi Besar Hadirkan Listrik PLN di Barrang CaddiIlustrasi genset. Internet

Warga Pulau Barrang Caddi memiliki dua genset yang kini telah rusak. Akibatnya, warga tidak punya lagi sumber listrik. Saat malam, warga harus bergelap-gelapan karena tidak ada penerangan selain lilin.

Danny telah memerintahkan tim dari Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki genset di sana. Berdasarkan laporan yang diterimanya, genset tersebut rusak karena akinya dicuri.

"Jadi empat hari mau diperbaiki walaupun gensetnya tetap harus diganti. Saya sudah minta keuangan untuk anggarkan bantu lagi," kata Danny.

2. Genset dikelola warga setempat

Danny: Butuh Investasi Besar Hadirkan Listrik PLN di Barrang CaddiIlustrasi Listrik. (IDN Times/Arief Rahmat)

Dua genset itu merupakan hibah dari Pemerintah Kota Makassar. Warga setempat pun memanfaatkan dan mengelolanya sendiri. Namun Danny menyebut pengelolaannya tidak berjalan mulus.

"Dua genset itu sudah kita serahkan ke masyarakat. Dulu kita tawarkan (pengelolaannya) ke PLN, tidak mau. Di sana sempat ada kudeta pengelola. Jadi digantilah pengelolanya yang baru. Jadi kacau. Begitu rusak dia tidak perbaiki," katanya.

Danny mengakui telah bertemu dengan sejumlah pemuda pulau setempat untuk membahas hal tersebut. Mereka berharap listrik PLN juga masuk ke pulau mereka.

Baca Juga: Genset di Pulau Barrang Caddi Makassar Rusak, Warga Butuh Listrik PLN

3. Warga tak nikmati listrik selama tiga bulan

Danny: Butuh Investasi Besar Hadirkan Listrik PLN di Barrang CaddiWarga Pulau Barrang Caddi di Kota Makassar protes karena tiga bulan tanpa listrik. (Dok. Istimewa)

Selama tiga bulan ini, aktivitas warga Pulau Barrang Caddi terganggu karena tidak adanya aliran listrik. Masalah itu menyebabkan kegiatan mandek, ekonomi merosot, serta minat pendidikan anak-anak pulau menjadi berkurang.

Saat malam, warga terpaksa harus menggunakan lilin untuk penerangan. Ini juga menjadi dilema lantaran warga tak bisa terus-terusan membeli lilin dalam jumlah banyak.

"Harapan besar kami agar pemerintah segera menghadirkan pemerataan sosial atau pemerataan kehidupan di pulau barrang Caddi yang seperti itu, dengan mengahdirkan PLN," kata Rusli.

Baca Juga: Warga Pulau Barrang Caddi Makassar Menjerit Tiga Bulan Tanpa Listrik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya