Bus Wisata Gratis di Makassar, Catat Rute dan Jam Operasionalnya

Siap antar ke lokasi menarik di Kota Daeng

Makassar, IDN Times - Kabar baik datang dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Masyarakat Kota Daeng kini bisa menikmati bus wisata baru yang diberi nama Bus Wisata Metro Kota.

Bus wisata ini baru saja diresmikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Anjungan Pantai Losari, Kamis (3/12/2020). Tujuannya untuk mendorong sektor pariwisata yang sedang gencar dikembangkan Pemerintah Kota Makassar. 

"Saya kira ini mobil yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat kota dengan baik dengan koridor yang ada," kata Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

1. Bus didaur ulang dari mobil sampah

Bus Wisata Gratis di Makassar, Catat Rute dan Jam OperasionalnyaBus Wisata Metro Kota Makassar. Humas Pemprov Sulsel

Menariknya, bus wisata ini sebenarnya merupakan hasil daur ulang dari mobil Tangkasaki. Mobil Tangkasaki merupakan truk pengangkut sampah rumah tangga di Makassar.

"Jadi pengadaan ini wujud reinkarnasi dari mobil sampah Tangkasaki. Di mana berangkat dari keinginan kami untuk mendorong Makassar menjadi kota tujuan wisata, kota ramah investasi,” ucap Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin.

Menurut Rudy, kehadiran bus wisata ini menjadi salah satu cara untuk menggunakan truk sampah Tangkasaki menjadi lebih berguna. Pasalnya, dari 400 lebih mobil sampah, sebanyak 120 unit di antaranya merupakan mobil Tangkasaki dan selebihnya adalah mobil tongkang.

"Nah transportasi kota kita yang gratis itu tidak ada makanya kita buat bus hasil recycle mobil Tangkasaki. Kita kan sudah hadirkan juga mobil sampah compactor yang perbandingan kerjanya itu 1:3 dibandingkan mobil Tangkasaki,” kata Rudy.

2. Pemkot hanya sediakan 3 unit sebagai percontohan

Bus Wisata Gratis di Makassar, Catat Rute dan Jam OperasionalnyaPeluncuran Bus Wisata Metro Kota Makassar di Anjungan Pantai Losari, Kamis (3/12/2020). Humas Pemprov Sulsel

Sebagai percontohan, saat ini hanya ada 3 bus wisata yang akan melayani masyarakat dan wisatawan. Namun, Rudy juga mengusulkan tambahan 10 unit secepatnya. 

Bus wisata ini akan melayani masyarakat dan wisatawan secara gratis. Karena berada di masa pandemik COVID-19, maka jumlah penumpang dibatasi maksimal 20 penumpang. 

“Jadi ini gratis yah untuk warga Makassar dan wisatawan yang ke Makassar. Jam operasionalnya itu kita usahakan dari pagi sampai malam dengan driver dan pengawas di bus shift-shiftan,” jelasnya.

Baca Juga: 9 Kata Sifat dalam Bahasa Makassar, Cara'de Mi Ki?

3. Rute bus wisata metro

Bus Wisata Gratis di Makassar, Catat Rute dan Jam OperasionalnyaPeluncuran Bus Wisata Metro Kota Makassar di Anjungan Pantai Losari, Kamis (3/12/2020). Humas Pemprov Sulsel

Untuk rutenya, bus ini akan melayani 3 koridor yaitu Koridor 1 dengan rute Jalan Datu Museng- Jalan Sultan Hasanuddin - Jalan Slamet Riyadi - Jalan Riburane - Jalan Ujungpandang- Jalan Pattimura - Jalan Sombaopu- Jalan Datu Museng.

Koridor 2 dengan rute Jalan Penghibur- Jalan Pasar Ikan - Jalan Ujung Pandang - Jalan Nusantara - Jalan Riburane - Jalan Ahmad Yani - Jalan Sudirman -Jalan Kartini - Jalan Botolempangan - Jalan Amanagappa - Jalan Sudirman - Jalan Haji Bau - Jalan Penghibur.

Koridor 3 dengan rute Jalan Penghibur - Jalan Pasar Ikan - Jalan Ujung Pandang - Jalan Riburane - Jalan Ahmad Yani - Jalan Balaikota - Jalan Thamrin - Jalan Botolempangan - Jalan Arief Rate - Jalan Sultan Hasanuddin - Jalan Lamadukelleng - Jalan Haji Bau - Jalan Metro Tanjung Bunga - Zona Lego-lego - Jalan Penghibur.

Baca Juga: HUT Makassar, 413 Pasangan Dinikahkan Massal

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya