Bus Trans Mamminasata Sudah Mengangkut 35 Ribu Penumpang

Rata-rata penumpang harian mencapai dua ribu orang

Makassar,IDN Times - Masyarakat Kota Makassar cukup antusias menggunakan moda transportasi Teman Bus atau Trans Mamminasa.

Menurut pantauan IDN Times, rata-rata armada bus yang melintas di jalan nyaris penuh. Meski, saat ini baru satu dari empat koridor yang beroperasi.

Penumpang bus Trans Mamminasata memang umumnya hanya mengisi kursi. Jarang ada penumpang yang berdiri. Saat semua kursi terisi, bus tidak lagi berhenti di halte untuk mengambil penumpang, kecuali jika ada penumpang yang akan turun. Namun itu bukan karena kapasitas yang terbatas.

"Sebenarnya (kapasitas) armada bus mencukupi, cuma karena masih PPKM makanya dibatasi jumlah penumpangnya," kata Kepala UPT Transportasi Mamminasata Dinas Perhubungan Sulsel, Prayudi Syamsibarketika, saat dihubungi IDN Times, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Diluncurkan, Teman Bus di Makassar Gratis untuk Sementara

1. Kondisi bus selalu penuh

Bus Trans Mamminasata Sudah Mengangkut 35 Ribu PenumpangTeman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sejak beroperasi pada 14-30 November 2021, Dishub Sulsel mencatat sudah 35.163 orang yang diangkut menggunakan Trans Mamminasata. Dalam sehari, rata-rata penumpang dua ribu orang. Angka tersebut cukup tinggi mengingat moda transportasi ini belum genap sebulan beroperasi. Jumlah penumpang tertinggi tercatat pada Sabtu, 27 November 2021, yaitu 3.004 penumpang.

Saat itu, sejumlah warga tampak menunggu di halte Telkomas, Jalan Perintis Kemerdekaan. Setidaknya ada enam bus yang melintas sebelum mereka bisa naik, itu pun kondisi di dalam bus sudah cukup penuh.

Di halte berikutnya, kondisi serupa juga terlihat. Orang-orang menunggu tapi tidak bisa naik lantaran bus sudah penuh. Beberapa orang di halte sempat mengeluhkan hal tersebut karena sudah menunggu cukup lama, bahkan ada yang sampai satu jam.

"Memang di hari Sabtu dan Minggu animo penumpang sangat tinggi tercatat sekitar 3.000 penumpang di hari itu," kata Prayudi.

2. Baru satu koridor beroperasi

Bus Trans Mamminasata Sudah Mengangkut 35 Ribu PenumpangSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Teman Bus ini direncanakan memiliki empat koridor yakni Mall Panakkukang - Bandara Sultan Hasanuddin, Terminal Mallengkeri - Kampus Unhas - Metro Tanjung Bunga, Pelabuhan Soekarno Hatta - UIN Samata, dan rute Poltek Ujung Panjang - PIP Salodong. 

Namun sejauh ini, Teman Bus baru beroperasi dengan satu koridor saja yaitu Mall Panakkukang - Bandara Hasanuddin, dengan jumlah 18 unit armada. Selanjutnya, koridor baru akan kembali dibuka bulan ini yaitu Poltek Ujung Panjang - PIP Salodong.

"Kita evaluasi dulu koridor ini sampai kita buka, perlahan lahan koridor berikutnya. Rencananya awal Bulan Desember yaitu Koridor Kampus 2 PNUP Moncong Loe-Kampus 2 PIP Salodong," kata Prayudi.

3. Gratis selama tiga bulan

Bus Trans Mamminasata Sudah Mengangkut 35 Ribu PenumpangSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Layanan Teman Bus Program Buy The Service (BTS) diresmikan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada tanggal 13 Oktober 2021 di Center Point Of Indonesia Lego-Lego, Kota Makassar.

Teman Bus melayani masyarakat pada jam operasional 06.00-23.00 WITA dengan jumlah total armada 81 unit bus. Untuk pembayaran, moda transportasi ini hanya menerima pembayaran dengan kartu elektronik. Tapi untuk saat ini masih gratis selama 3 bulan.

Baca Juga: Empat Koridor dan Rute Teman Bus di Makassar, Transportasi Massal Baru

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya