Bupati Lutra: Solar Langka Jadi Tantangan Pengerjaan Jalan Rampi

Pembukaan jalan ditargetkan selesai Desember 2022

Makassar, IDN Times - Setelah menerima bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) mulai mengerjakan pembangunan jalan di Kecamatan Rampi.

Pemkab Lutra diberi dana Rp14,5 miliar untuk membuka akses jalan di Rampi dan Seko. Namun Bupati Indah Putri Indriani mengatakan pengerjaan fisik jalan masih terkendala sejumlah faktor.

Bupati Indah mengatakan kondisi ketersediaan solar yang terkadang langka menjadi tantangan dalam pembangunan jalan tersebut. Untuk itu, pihaknya meminta support dari Pemprov Sulsel maupun Pertamina.

"Karena solar ini kan cukup langka. Tapi saya sudah komunikasi dengan Pak Gubernur dan pertamina. Mudah-mudahan kami bisa di-support," kata Indah saat ditemui di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Senin 22 Agustus 2022.

Baca Juga: Pemprov Beri Bantuan Keuangan Jalan Seko-Rampi di Luwu Utara

1. Pembukaan jalan Rampi ditarget selesai Desember

Bupati Lutra: Solar Langka Jadi Tantangan Pengerjaan Jalan RampiKondisi jalan rintisan di Kecamatan Rampi, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. (Dok. Pemkab Luwu Utara)

Kecamatan Seko dan Rampi merupakan daerah terisolasi di Kabupaten Luwu Utara. Daerah ini membutuhkan akses jalan yang baik sebab kondisinya masih berlumpur dan belum diaspal. 

Meski ada tantangan, namun Indah menyampaikan pembangunan akses jalan tersebut terus berproses. Pembukaan jalan itu bahkan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

"Target kami paling tidak untuk pembukaan jalannya itu bisa direalisasikan sampai Desember akhir 2022. Pokoknya sementara berproses," kata dia.

2. Lutra dapat bantuan keuangan dari Pemprov

Bupati Lutra: Solar Langka Jadi Tantangan Pengerjaan Jalan RampiBupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menerima bantuan keuangan yang diserahkan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (6/6/2022). Humas Pemprov Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Selatan menyerahkan langsung bantuan keuangan tersebut. Salah satu peruntukannya yakni agar dapat digunakan memperbaiki akses jalan karena aksesibilitas berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Bantuan itu diserahkan oleh Andi Sudirman kepada Indah Putri Indriani di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel pada 6 Juni 2022 lalu. 

“Kita menyerahkan bantuan keuangan senilai Rp14,5 miliar untuk lanjutan pembangunan Jembatan Lawewe, pembangunan jalan terisolir pada ruas Seko - Rampi (Lore-Tedeboe), dan pembebasan lahan lokasi jaringan irigasi Bungadidi. Ini bentuk komitmen kami untuk masyarakat Luwu Utara,” ucap Sudirman saat itu.

3. Pembukaan jalan memudahkan aksesibilitas

Bupati Lutra: Solar Langka Jadi Tantangan Pengerjaan Jalan RampiPembukaan akses jalan yang kini tembus sampai Desa Tedeboe, Kecamatan Rampi, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada Agustus 2021. https://portal.luwuutarakab.go.id

Hadirnya akses ini, kata Sudirman, akan memudahkan aksesibilitas yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Dia pun berharap bantuan keuangan ini segera direalisasikan oleh Pemkab Luwu Utara, khususnya untuk pembukaan jalan dari Kecamatan Seko dan Rampi.

“Kita minta segera direalisasikan. Kita harapkan jalan yang dibuat, betul-betul terbuka sampai Rampi. Terbuka akses yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Kita harap Pemda beri realisasi sesuai harapan dan melakukan percepatan-percepatan,” ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Minta Dukungan Menteri PUPR Tuntaskan Jalan Seko-Rampi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya