Bulog Sebut Stok Beras di Sulsel Melimpah, Cukup untuk Dua Tahun

Bulog sebut tersedia 125.000 ton stok beras di Sulsel

Makassar, IDN Times - Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Divre Sulselbar) menyebutkan persediaan beras di Sulawesi Selatan cukup melimpah. Stok saat ini mencapai 125.000 ton.

Kepala Bulog Divre Sulselbar, Eko Pranoto, mengemukakan ketersediaan beras di Sulsel bisa bertahan hingga hampir dua tahun ke depan.

"Kalau stoknya Bulog, alhamdulillah sih kita bisa 125.000 ton. Artinya bisa sampai 20 bulan ke depan. Kita sudah antisipasi terkait nanti bulan Ramadan dan Idul Fitri," kata Eko saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon, Jumat (26/3/2021).

1. Stok dipastikan bertambah saat masa panen raya

Bulog Sebut Stok Beras di Sulsel Melimpah, Cukup untuk Dua Tahun

Hingga hari ini, Bulog terus berupaya memaksimalkan penyerapan beras, apalagi Sulsel akan memasuki masa panen raya pada bulan April 2021 mendatang.

Kata Eko, Bulog ditarget menyerap sebanyak 303.000 ton beras di wilayah Sulselbar. Dia mengaku optimistis bisa mencapai target itu karena di bulan Maret saja, penyerapan sudah mencapai 51.000 ton. 

"Insyaallah kami optimis bisa menyerap beras sebanyak yang ditargetkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.

2. Stok beras dipastikan aman terkendali

Bulog Sebut Stok Beras di Sulsel Melimpah, Cukup untuk Dua TahunIlustrasi gudang beras. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Eko mengatakan stok beras yang ada sekarang masih sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat di wilayah Sulselbar. Menurutnya, jumlah stok beras itu masih aman dan terkendali. Itu belum ditambah dengan hasil panen raya nanti.

"Bertahan sampai 20 bulan ke depan. Waktunya panjang karena tadi kita melakukan penyerapan juga yang saat ini masih berlangsung karena ada panen raya di Pinrang, Sidrap, Wajo, Soppeng, Bone, Bulukumba, Jeneponto. Nanti puncaknya bulan April panen rayanya," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi: Hentikan Perdebatan soal Impor Beras! 

3. Sulsel belum butuh impor beras

Bulog Sebut Stok Beras di Sulsel Melimpah, Cukup untuk Dua TahunStok beras (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Dengan kondisi stok yang melimpah dan diprediksi mampu bertahan hingga 20 bulan ke depan, maka Bulog menilai bahwa Sulsel belum membutuhkan impor beras. Keyakinan itu bukan tanpa alasan lantaran Sulsel juga menyuplai beras ke sejumlah daerah lain.

"Tidak (perlu impor). Ini cukup untuk lokal di Sulsel dan bahkan kami tahun ini sudah membantu 6 provinsi untuk stok kami. Untuk daerah Papua, NTT, Sultra, Kaltim, Sulut dan Kalbar," kata Eko.

Baca Juga: Petani Poso Terancam Rugi Besar, 3 Ribu Ton Beras Tak Terserap Pasar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya