Bukan di Boulevard, Lokasi Street Race Makassar Pindah ke CPI

Sempat terkendala izin kepolisian

Makassar, IDN Times - Penyelenggara kegiatan balap jalanan Lantang Banggia Street Race kembali memindahkan lokasi balap dari Jalan Boulevard ke Jalan Metro Tanjung Bunga di kawasan Center Points of Indonesia (CPI) Makassar. Pemindahan lokasi ini setelah melalui beberapa pertimbangan.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar, Ahmad Susanto, mengatakan pemindahan lokasi mempertimbangkan faktor keamanan. Kawasan CPI pun dianggap lebih aman dibanding Jalan Boulevard.

"Kita kan pakai juga pertimbangan polisi, tokoh masyarakat sehingga kita mengkondisikan memindahkan ke CPI. Setelah kita survei ke beberapa tempat, CPI kayaknya yang paling memadai dari segi keamanan," ujar Ahmad via telepon, Minggu (24/4/2022).

1. Dua kali pindah lokasi

Bukan di Boulevard, Lokasi Street Race Makassar Pindah ke CPIilustrasi road race isle of man (iomtt.com)

Pemindahan lokasi ini bukan yang pertama. Pihak penyelenggara sebelumnya mengagendakan balapan di Jalan Pettarani namun terkendala izin dari kepolisian sehingga dipindahkan ke Jalan Boulevard.

Sama seperti sebelumnya, penyelenggara kembali memindahkan lokasi untuk yang kedua kalinya dengan alasan yang sama. CPI pun dipastikan menjadi lokasi terakhir untuk pelaksanaan balap jalanan tersebut.

"Bukan tidak dapat izin sebetulnya. Kita kan diskusi. Kita kaji Jalan Pettarani seperti apa. Jalan Boulevard seperti apa. Tentu ada pertimbangan polisi. Pertimbangan keamanan, keselamatan, sehingga hasil diskusi kita itu muncullah CPI," kata Ahmad.

2. Jadwal street race

Bukan di Boulevard, Lokasi Street Race Makassar Pindah ke CPIIndonesia CBR Race Day 2019 (Dok. IDN Times)

Akibat pemindahan lokasi itu, jadwal pelaksanaan street race diundur dari yang semestinya digelar kemarin dini hari. Penyelenggara pun membuat jadwal baru di mana balapan tidak sepenuhnya digelar malam hari.

Balapan masih tetap digelar dua hari. Pada Senin 25 April 2022, balapan digelar pukul 14.00 - 17.30 WITA. Keesokannya yaitu 26 April 2022, balapan digelar dua kali yakni pukul 14.00 - 17.30 WITA dan malam hari yaitu pukul 22.00 - 24.00 WITA. 

"Variasi. Ada tengah malam. Jadi besok race satu kita bikin mulai dari jam 2 sampai jam 6 menjelang buka puasa. Kemudian, Selasa kita bikin jam 4 sampai jam 6. Kemudian lanjut jam 10 malam sampai jam 12," kata Ahmad.

3. Pemkot deklarasi anti balap liar

Bukan di Boulevard, Lokasi Street Race Makassar Pindah ke CPIKendaraan hasil penindakan balap liar selama Ramadan di Makassar. (Dok. Polrestabes Makassar)

Untuk menggelar Lantang Banggia Street Race ini, Pemerintah Kota Makassar bahkan telah menggelar deklarasi di Tribun Lapangan Karebosi pada Jumat 22 April 2022.  Hal itu menyusul maraknya balapan liar yang kerap terjadi di Kota Daeng. 

Lantang Banggia Street Race disebut sebagai wadah bagi anak muda agar tidak mengikuti balap liar. Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi secara lantang mendeklarasikan anti balap liar sebagai upaya dalam meminimalisir balapan liar yang sering mengganggu pengguna jalan lainnya. 

“Saya minta komitmen anak muda Makassar untuk tidak lagi ugal-ugalan di jalanan. Anti balap liar sehingga tidak merugikan pengguna jalan lainnya. Dengan deklarasi ini saya berharap kerja samanya dalam menjaga Kota Makassar," kata Fatma.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya