BMKG: Sulsel Masih Hujan Beberapa Hari ke Depan

Umunya cuaca di Sulsel berawan hingga hujan ringan

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar memperkirakan sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan masih akan diguyur hujan dalam beberapa hari ke depan. 

Prakirawan Balai BMKG Wilayah IV Makassar, Dwi Lestari Sanur, mengatakan untuk beberapa hari ke depan, cuaca di wilayah Sulsel umumnya berawan hingga hujan dengan intensitas sedang.
 
"Diprakirakan curah hujan umumnya berkisar antara kategori rendah hingga menengah," kata Dwi saat dihubungi IDN Times, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: Pakar Unhas Sebut Banjir di Wajo karena Pendangkalan Masif Danau Tempe

1. BMKG prediksi cuaca berawan hingga curah hujan tinggi

BMKG: Sulsel Masih Hujan Beberapa Hari ke DepanIlustrasi hujan abu. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Dwi menjelaskan wilayah dengan curah hujan rendah berpeluang terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian tengah hingga selatan. Sedangkan wilayah dengan curah hujan menengah hingga tinggi diprakirakan akan terjadi di sebagian Sulawesi Selatan bagian utara dan timur.

Dia menyebutkan curah hujan hampir rata terjadi di Sulsel. Untuk wilayah pesisir barat, kondisi berawan hingga hujan ringan berpotensi terjadi dari Parepare hingga Takalar.
 
"Sedangkan untuk wilayah utara mulai dari Luwu Timur sampai Bulukumba, wilayah pesisir timur itu sepanjang Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja sampai turun ke wilayah pesisir timur Bulukumba, Sinjai berawan yang berpotensi hujan ringan hingga sedang," kata Dwi.

2. Tidak ada potensi hujan lebat

BMKG: Sulsel Masih Hujan Beberapa Hari ke DepanIlustrasi hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Menurut Dwi, sejauh ini tidak ada potensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu, Dwi menegaskan tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat ini meski beberapa waktu lalu sempat terjadi hujan deras di beberapa wilayah yang mengakibatkan banjir.

"Untuk saat ini dalam pantauan kami, itu tidak. Kalau masalah banjir kan tergantung wilayah. Kalau Wajo kan memang langganan banjir," kata Dwi.

3. Banjir sempat merendam sejumlah wilayah Sulsel

BMKG: Sulsel Masih Hujan Beberapa Hari ke DepanIlustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejumlah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan sempat direndam banjir pada Jumat 27 Agustus 2021. Di antaranya adalah Luwu Utara, Bone, Soppeng dan Wajo yang disebut sebagai banjir terbesar kemarin.

Yang mengejutkan, banjir di kabupaten tersebut terjadi hanya dalam waktu singkat setelah hujan deras mengguyur seharian sejak Kamis 26 Agustus 2021. Daerah-daerah tersebut memang dikenal telah menjadi langganan banjir sejak beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Kemkumham Sulsel Daftarkan Sop Saudara sebagai Kekayaan Intelektual

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya