Bendera Merah Putih 65 Meter akan Dibentangkan di Pantai Losari

Dirangkaikan dengan peringatan Hari Proklamasi

Makassar, IDN Times - Bendera merah putih sepanjang 65 meter akan dibentangkan di anjungan Pantai Losari Makassar tepat di Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, pada Rabu 17 Agustus 2022. 

Hal itu disampaikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto saat gladi bersih di Anjungan Pantai Losari, Senin (15/8/2022).

“Kita akan selimuti Pantai Losari dengan bendera merah putih. Sebanyak 65 meter," kata Danny.

1. Ada juga 77 lembar bendera merah putih

Bendera Merah Putih 65 Meter akan Dibentangkan di Pantai LosariGladi bersih peringatan Hari Proklamasi di Anjungan Pantai Losari, Senin (15/8/2022). Humas Pemkot Makassar

Selain itu, akan ada pula 77 lembar bendera merah putih berukuran lebih kecil. Jumlah bendera tersebut disesuaikan dengan usia Republik Indonesia saat ini.

"77 lembar bendera akan dibentangkan di sisi kiri dan kanan Losari dari arah anjungan Makassar dan juga anjungan Bugis. Jadi 38 lembar di sisi kiri dan 39 lembar di sisi kanan,” ujar Danny.

2. Dirangkaikan dengan peringatan Hari Proklamasi

Bendera Merah Putih 65 Meter akan Dibentangkan di Pantai LosariSejumlah anggota TNI, Polri dan nelayan membentangkan bendera merah putih di perairan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/8/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 RI tahun 2021 lalu, Pemerintah Kota Makassar juga membentangkan bendera merah putih sepanjang satu kilometer di kawasan perairan Pantai Losari. Pembentangan bendera itu melibatkan nelayan dan petugas gabungan TNI-Polri.

Pembentangan bendera merah putih itu dirangkaikan dengan upacara peringatan Proklamasi yang dipusatkan di anjungan Pantai Losari. Tahun ini, peringatan Proklamasi juga dipusatkan di tempat yang sama.

3. Danny ingin peringatan Hari Proklamasi berjalan lancar

Bendera Merah Putih 65 Meter akan Dibentangkan di Pantai LosariWali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto saat menjabarkan program inovasi godokannya di Gedung Kemendagri Jakarta, Kamis 25 November 2021. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Saat ini, Pemerintah Kota Makassar tengah bersiap menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI. Karena itu, Danny meminta kepada seluruh jajarannya agar proses upacara 17 Agustus berjalan lancar. 

“Tolong semuanya maksimalkan untuk hari H. Semua harus fokus pada pembagian tugas utamanya di bagian Korsik. Pastikan nada bisa beraturan dan suara masing-masing alat musik bisa terdengar nyaring,” kata Danny.

Untuk memastikan pelaksanaan upacara berjalan lancar, Danny juga meminta seluruh jajarannya mulai dari kepala OPD, camat hingga lurah agar memperhatikan kondisi tubuh saat bertugas.

“Jaga kesehatan dan pastikan dalam keadaan sehat. Kita bersama-sama akan merayakan hari jadi Bangsa Indonesia. Jadi selain fokus pada tugas, harus pula perhatikan kondisi tubuh,” kata Danny Pomanto.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bakal Ubah Kembali Arus Lalu Lintas di Sekitar Losari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya