Comscore Tracker

Belum Mau Terapkan PSBB, Bupati Maros: Lihat Dulu Makassar dan Gowa

Padahal gubernur sudah minta Maros segera PSBB

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, rupanya masih belum berencana menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Bupati Maros Hatta Rahman mengatakan kebijakan tersebut belum bisa diterapkan lantaran pihaknya masih melakukan pemantauan terhadap efektivitas PSBB di Makassar dan Gowa. 

"Kita masih lihat dululah bagaimana Makassar dengan Gowa," kata Hatta, Rabu (29/4).

1. Masalah pangan menjadi pertimbangan

Belum Mau Terapkan PSBB, Bupati Maros: Lihat Dulu Makassar dan GowaIDN Times/Yogi Pasha

Menurut Hatta, masih banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan PSBB, termasuk persoalan menjamin ketersediaan pangan warga apabila kebijakan tersebut diterapkan. 

"Kita khawatirnya jangan sampai orang lebih takut tidak dapat sembako daripada sama corona," katanya.

2. Bupati sebut pembatasan sosial sudah dilakukan

Belum Mau Terapkan PSBB, Bupati Maros: Lihat Dulu Makassar dan GowaANTARA FOTO/Arnas Padda

Selain itu, kata Hatta, sejumlah kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, juga sudah dilakukan sejak awal, seperti mengajak masyarakat melakukan social distancing, menjaga perbatasan secara ketat, pemeriksaan KTP bagi warga yang berboncengan, dan sebagainya.

Sejumlah bantuan kepada warga yang positif COVID-19 di wilayahnya itu, kata Hatta, juga sudah tertangani.

"Ini sebenarnya langkah-langkah PSBB yang kita lakukan. Cuma tidak resmi. Karena kapan kita resmi melakukan maka harus siapkan sembako sebanyak jumlah penduduk di rumah-rumah," katanya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Makassar Ingin Rangkul Gowa dan Maros Terapkan PSBB 

3. Gubernur minta Maros juga terapkan PSBB

Belum Mau Terapkan PSBB, Bupati Maros: Lihat Dulu Makassar dan GowaPemeriksaan kendaraan di posko PSBB di MERR Surabaya, Selasa (28/4). IDN Times/Faiz Nashrillah

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meminta Kabupaten Maros untuk segera menerapkan PSBB guna menekan laju penyebaran COVID-19. Dia menilai, Maros dan Gowa merupakan dua daerah untuk melakukan screening warga di bagian Utara dan Selatan.

Permintaan ini berdasarkan anjuran dari Presiden RI Joko Widodo setelah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Sebab Presiden Jokowi menilai PSBB daerah ini cukup efektif menekan angka penularan COVID-19 di Sulsel. 

"Tadi Ratas (Rapat Terbatas) dengan Pak Presiden, kita dianjurkan supaya Maros juga mengusulkan PSBB," kata Nurdin sebagaimana rilis yang diterima IDN Times, Senin (27/4) lalu.

Baca Juga: Kabupaten Maros Sulsel Didorong Segera Terapkan PSBB

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya