ASN Pemkot Makassar Naik Ojol Tiap Selasa, Dibuktikan dengan Swafoto

Pemkot Makassar terbitkan surat edaran Ojol Day

Makassar, IDN Times - Rencana Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto untuk memberlakukan Hari Ojol atau Ojol Day telah dituangkan dalam surat edaran. Surat bernomor 51/247/S.Edar/BKPSDMD/IX/2022 tentang Himbauan Penggunaan Jasa Transportasi Online di Lingkup Pemerintah Kota Makassar itu diteken oleh Danny pada yang diterbitkan Kamis 15 September 2022.

Surat edaran itu, diterbitkan berdasarkan hasil rapat koordinasi pada Rabu 13 September 2022 mengenai pengendalian inflasi dan pengurangan penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Dalam rapat ini, disepakati bahwa Ojol Day sebagai salah satu upaya Pemkot Makassar untuk menekan inflasi akibat penggunaan energi melalui bahan bakar.

"Saya minta minggu depan Ojol Day jalan. Semua tidak boleh pakai mobil. Jadi kita mengurangi ketergantungan kita kepada fosil," kata Danny.

1. Poin-poin surat edaran Ojol Day

ASN Pemkot Makassar Naik Ojol Tiap Selasa, Dibuktikan dengan SwafotoIlustrasi Ojek Online (IDN Times/Sunariyah)

Surat edaran tersebut berlaku untuk semua pegawai di lingkup Pemkot Makassar. Di antaranya yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS), PPPK, non ASN dalam hal ini tenaga Laskar Pelangi dan pegawai BUMD.

Adapun poin dalam surat edaran tersebut adalah pegawai menginstal/mendownload aplikasi penyedia jasa transportasi online di handphone masing-masing. Kemudian, pegawai menggunakan jasa transportasi online pada jam kerja baik itu menuju ke atau dari kantor maupun perihal operasional lainnya setiap hari Selasa. 

Pegawai juga diminta berswafoto selfie bersama pihak jasa transportasi online dengan memperlihatkan atribut seperti jaket maupun ID Card. Foto kemudian dikirimk kepada atasan langsung atau ke bagian kepegawaian. Hal ini sebagai bukti bahwa pegawai yang bersangkutan benar-benar menggunakan jasa transportasi ojol.

2. Danny klaim Ojol Day kurangi kemacetan

ASN Pemkot Makassar Naik Ojol Tiap Selasa, Dibuktikan dengan SwafotoWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Saat Ojol Day, pegawai tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan pribadi seperti hari-hari biasa melainkan menggunakan jasa ojol.

"Kita tidak pakai mobil pribadi, motor pribadi. Kita naik ojol semua. Ojolnya dapat, kurang bahan bakar dan parkiran juga kurang. Keberatan kurang," katanya.

Jika diterapkan, kata Danny, akan banyak manfaat yang didapatkan. Selain mengurangi kemacetan akibat parkir, juga dapat membantu perekonomian ojek online. 

“Jadi ada banyak yang bisa kita dapatkan di sini, kita tidak parkir, kurang bensin, dan membantu teman-teman ojol,” kata Danny.

3. Pemkot telah bahas bersama platform ojol

ASN Pemkot Makassar Naik Ojol Tiap Selasa, Dibuktikan dengan SwafotoIlustrasi ojol. (IDN Times/Sukma Shakti)

Pemkot Makassar juga telah mengumpulkan seluruh pengelola platform layanan ojol untuk membahas Ojol Day. A

Asisten II Pemkot Makassar Rusmayani Madjid mengklaim semua platform ojol menyambut baik ide Ojol Day.Pertemuan itu dihadiri pihak Gojek dan Grab. Meski demikian. 

“Katanya semua siap. Dan ojol yang dimilikinya pun siap. Grab, Gojek, Maxim, Shopee, Blue Bird,” ujarnya. 

Baca Juga: Ojol Day di Makassar, Pengemudi Harap Bisa Menambah Pelanggan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya