Antisipasi Server Down, Pendaftaran PPDB Makassar Diawali Simulasi

Gangguan server jadi masalah setiap tahun saat PPDB

Makassar, IDN Times - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk tingkat SD dan SMP sederajat, akan dimulai pada 20 Juni 2022. Namun gangguan server down selalu menjadi masalah setiap tahunnya.

Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya perlambatan akibat server down, Dinas Pendidikan Kota Makassar bakal menggelar simulasi sepekan jelang dibukanya pendaftaran. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kesiapan server sebelum masyarakat mulai mendaftar PPDB.

"Dalam hal proses pendaftaran secara online, tentu portal PPDB yang kami laksanakan nanti sebelum hari H, maka ada nanti jadwal uji coba. Kami rencana itu satu minggu sebelum pelaksanaan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin yang diwawancarai IDN Times, Senin (30/5/2022).

1. Panitia sertakan link pengaduan

Antisipasi Server Down, Pendaftaran PPDB Makassar Diawali SimulasiANTARA FOTO/Galih Pradipta

Muhyiddin menjelaskan uji coba itu untuk memastikan pelaksanaan PPDB berjalan lancar dan aman bagi siswa yang akan mendaftar. Apabila dalam satu minggu masih ada kelemahan, maka panitia akan langsung memperbaiki sebelum hari H pendaftaran.

Saat uji coba, panitia akan menyertakan link pengaduan pada portal pendaftaran PPDB. Muhyiddin mengatakan pihaknya telah membentuk tim untuk menjawab pengaduan dari pendaftar.

"Kalau di server kami nanti ada bermasalah, itulah yang kami perbaiki supaya pada saat nanti pelaksanaan, tidak ada lagi orang tua yang mengeluh terkait proses penyelenggaraan melalui online," jelasnya.

2. Diskominfo siapkan server berkecepatan 100 Mbps

Antisipasi Server Down, Pendaftaran PPDB Makassar Diawali SimulasiANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar juga menyiapkan sejumlah server untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan saat pendaftaran. Server yang disiapkan rata-rata berkecepatan jaringan internet hingga 100 Mbps. 

Kepala Diskominfo Makassar, Mahyuddin mengatakan pihaknya telah siap untuk menguji coba server yang telah disiapkan. Bahkan kalau perlu, pihaknya juga akan menambah server lagi sesuai kebutuhan.

"Kami siapkan server cadangan untuk antisipasi ini supaya pintu masuk datanya lebih besar," kata Mahyiddin.

Baca Juga: 6000 Lulusan SD Tak Tertampung SMP Negeri pada PPDB 2021 di Makassar

3. Gangguan server selalu terjadi saat pendaftaran dibuka

Antisipasi Server Down, Pendaftaran PPDB Makassar Diawali SimulasiANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Mahyuddin menegaskan, pihaknya akan berupaya maksimal agar gangguan server seperti pada PPDB tahun-tahun sebelumnya tidak terulang lagi tahun ini. 

Gangguan server down memang kerap terjadi saat pendaftaran PPDB, utamanya di hari pertama. Hal itu pun membuat pendaftar sulit masuk ke situs maupun aplikasi PPDB. Belum lagi masalah lain seperti kesalahan titik koordinat domisili. 

"Kami siapkan server, kami usulkan ada simulasi sepekan sebelum PPDB, sehingga bisa diketahui kendala dan kekurangan. Titik lokasi juga biasanya menentukan pendaftar," katanya.

Baca Juga: PPDB 2022 di Sulsel, Vaksinasi Jadi Syarat Pendaftaran Masuk SMA

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya