Angin Kencang di Makassar, Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan 1 Bentor

Petugas gunakan alat berat bersihkan sisa pohon

Makassar, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (19/1/2022). Akibatnya, sebuah pohon besar di depan RS Labuang Baji tumbang.

Pohon tumbang berada tepat di Jalan Ratulangi, sebelah barat RS Labuang Baji tidak jauh dari persimpangan Jalan Kakatua, Kelurahan Labuang Baji,  Kecamatan Mamajang. Batang pohon menimpa 3 mobil dan sebuah becak motor (bentor) yang sedang terparkir tak jauh dari pohon. 

Tak ayal, mobil dan becak motor yang ditimpa pohon langsung rusak. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. 

1. Pohon tumbang dievakuasi pakai alat berat

Angin Kencang di Makassar, Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan 1 BentorPohon tumbang menimpa sebuah becak motor yang terparkir di depan RS Labuang Baji Makassar, Rabu (19/1/2022). IDN Times/Istimewa

Menerima laporan ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar langsung menurunkan tim Unit Reaksi Cepat (URC) ke lokasi. Tim terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran dan Satgas Kecamatan Mamajang.

Setibanya di lokasi, mereka segera berjibaku membersihkan sisa-sisa batang pohon yang menutupi mobil dan becak motor tersebut. Mereka menggunakan alat berat untuk mengevakuasi batang pohon tumbang.

Beberapa petugas tampak memotong batang pohon menggunakan senso. Setelah itu, sisa-sisa batang pohon, ranting serta dedaunan yang masih berserakan di jalan dibersihkan menggunakan kendaraan loader.

2. Sisa-sisa pohon tumbang telah dibersihkan

Angin Kencang di Makassar, Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan 1 BentorPetugas mengevakuasi pohon tumbang di depan RS Labuang Baji Makassar, Rabu (19/1/2022). IDN Times/Istimewa

Dalam penanganan pohon tumbang ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar mengerahkan 1 unit armada loder, 1 unit armada pemotong pohon, 5 unit mesin senso dan beberapa buah parang pemotong.

Tak berselang lama, proses penanganan pohon tumbang yang melintang dan menghalangi arus kendaraan Jalan Ratulangi selesai. 

"Ini dilanjutkan pembersihan wilayah oleh tim Satgas Kecamatan Mamajang dengan mengerahkan armada truk bak terbuka sebanyak 4 unit," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Keluarkan Peringatan Siaga Banjir

3. Cuaca ekstrem masih diprediksi terjadi beberapa hari kedepan

Angin Kencang di Makassar, Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan 1 BentorIlustrasi cuaca ekstrem (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sementara itu, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, Dwi Lestari Sanur, mengatakan cuaca ekstrem diprediksi masih terjadi dalam beberapa hari ke depan. 

"Dari Pantauan kami, sampai beberapa hari ke depan masih terjadi hujan lebat di wilayah Kota Makassar," katanya.

Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini hujan lebat di wilayah Sulawesi Selatan. Peringatan berlaku selama tiga hari yaitu 18-20 Januari 2022.

Baca Juga: Makassar Makassar Berpotensi Hujan Ringan 3 Hari ke Depan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya