Andi Sudirman Berangkat Haji, Sekda Pimpin Pemprov Sulsel

Sekda menjabat pelaksana harian

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dijadwalkan akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Dia akan berangkat ke Tanah Suci dalam waktu dekat.

Andi Sudirman menyatakan akan melaksanakan ibadah haji bersama istri. Meski begitu, dia tak menyebutkan jadwal keberangkatannya. 

"Tanya ke istri saya (jadwal). Insyaallah itu untuk istri saya. Saya tidak tahu kapan berangkat," ucapnya di Kantor Gubernur, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Melihat Produksi Gelang Jemaah Haji, Satu Kloter Butuh 5 Jam

1. Sekda jabat pelaksana harian

Andi Sudirman Berangkat Haji, Sekda Pimpin Pemprov SulselSekda Sulsel Abdul Hayat Gani saat rakor TPID di Hotel D'Maleo Makassar, Selasa (3/11/2020). Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Imran Jausi menyebut Sudirman akan melaksanakan ibadah haji selama dua pekan. Namun Imran memastikan bahwa nahkoda pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan tidak akan kosong.

Selama Sudirman menjalankan ibadah haji, tugasnya akan diambil alih sementara oleh Sekretaris Daerah Pemprov Sulsel Abdul Hayat Gani mengingat bahwa dia tidak memiliki wakil. Abdul Hayat akan menjabat sebagai pelaksana harian.

"Itu otomatis diambil alih oleh pak Sekda. Aturannya kan begitu, pelaksana harian atau Plh," kata Imran.

2. Pemerintahan tetap berjalan normal

Andi Sudirman Berangkat Haji, Sekda Pimpin Pemprov SulselPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Dengan adanya pelaksana tugas, Imran memastikan bahwa roda pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan akan tetap berjalan seperti biasanya. Sekda akan bertugas hingga Sudirman kembali dari Tanah Suci.

"Jika gubernur berhalangan, maka jabatan diambil alih oleh Sekda sebagai Plh selama gubernur berada di tanah suci," kata Imran.

3. Jemaah asal Embarkasi Makassar sudah tiba di Saudi

Andi Sudirman Berangkat Haji, Sekda Pimpin Pemprov SulselIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Jemaah haji Embarkasi Makassar diberangkatkan ke Arab Saudi secara bertahap, sejak Jumat (17/6/2022). Tahun ini sebanyak 7.234 jemaah haji akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar. Rinciannya, 7.119 orang merupakan anggota jemaah, tujuh Pembimbing KBIHU, 34 Petugas Haji Daerah, dan 74 PPIHU.

Jemaah Embarkasi Makassar tahun ini berasal dari delapan provinsi di Indonesia bagian Timur. Masing-masing, Sulawesi Selatan (3.320 Orang), Sulawesi Tenggara (922 Orang), Sulawesi Barat (663 Orang), Gorontalo (447 Orang), Maluku (496 Orang), Maluku Utara (491 Orang), Papua (491 Orang), serta Papua Barat (330 Orang).

Baca Juga: Bipih Termahal, Ini Biaya Haji Embarkasi Makassar Tahun 2022

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya