84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik, Cicu Ketua Sementara

Satu Anggota DPRD terpilih tersangka kasus korupsi

Makassar, IDN Times - Sebanyak 84 anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan periode 2024-2029 dilantik, hari ini, Selasa (24/9/2024) pagi. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan berlangsung di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Sulsel.

Sejatinya, anggota DPRD Sulsel berjumlah 85 orang. Namun satu anggota DPRD terpilih berstatus tersangka kasus korupsi sehingga pelantikannya ditunda.

Kemudian, ada sembilan orang yang diganti karena maju di Pilkada. Mereka digantikan oleh peraih suara tertinggi kedua setelahnya.

Baca Juga: Daftar 84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik Hari Ini

1. Andi Rachmatika Dewi Ketua Sementara

84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik, Cicu Ketua SementaraAndi Rachmatika Dewi alias Cicu. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Dalam pelantikan ini, legislator Partai NasDem, Andi Rachmatika Dewi, didapuk menjadi Ketua DPRD Sulsel sementara. Cicu, sapaannya, mengatakan akan memfasilitasi pembentukan AKD (Alat Kelengkapan Dewan), fraksi, dan membuat tata tertib.

Pihaknya akan segera bersurat ke partai politik. Untuk lima partai politik pemenang yang menjadi pimpinan akan diminta mengirimkan SK pimpinan definitif. Lima parpol tersebut yakni NasDem (17), Golkar (14), Gerindra (13), PKB (8) dan PPP (8).

"Insyaallah dalam waktu dekat semua bisa selesai dan bisa melaksanakan pelantikan pimpinan definitif DPRD Sulsel," kata Cicu.

2. Pembentukan AKD diupayakan secepatnya

84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik, Cicu Ketua SementaraKantor DPRD Sulsel. (IDN Times/Aan Pranata)

Cicu berharap pelantikan ketua DPRD definitif serta pembentukan AKD dan fraksi bisa selesai secepatnya. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus ada persetujuan pimpinan definitif.

"Sehingga memang kita maunya dalam waktu dekat ini kita sudah bisa bekerja secara maksimal. Tatib, AKD, dan fraksi sudah terbentuk," kata Cicu.

3. Satu anggota dewan ditunda pelantikan sampai kasus hukum inkrah

84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik, Cicu Ketua SementaraIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk satu orang yang belum dilantik, DPRD Sulsel akan menunggu proses hukum. Untuk sementara, pelantikan anggota DPRD tersebut masih ditunda sampai proses hukum inkrah.

"Satunya kalau saya tidak salah masih ada ganjalan di proses hukum. Jadi, kita memang masih menunggu. Kita tunggu saja. Nanti, kan, bisa ada pelantikan menyusul," kata Cicu.

Baca Juga: Pilgub Sulsel: Danny-Azhar Nomor Urut 1, Sudirman-Fatma 2

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya