82 Pelamar Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Lulus Seleksi Berkas

Lanjut ke tahapan uji kelayakan dan kepatutan

Makassar, IDN Times - Panitia seleksi lelang jabatan direksi dan dewan pengawas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengumumkan daftar nama pelamar yang telah lulus dari tahapan seleksi administrasi. Dari 120 pelamar, ada 82 orang yang dinyatakan lulus berkas dan selebihnya dinyatakan gugur.

Nama-nama peserta yang lulus diumumkan di website resmi Pemerintah Kota Makassar pada Rabu (25/5/2022) malam.

Peserta yang dinyatakan lulus berkas akan masuk ke tahapan selanjutnya yaitu uji kelayakan dan kepatutan (UKK). Tahapan tersebut mulai berlangsung hari ini, Kamis (26/5/2022) hingga Minggu 29 Mei 2022 di Balai Kota Makassar.

"Di sini ada beberapa sesi, mulai tadi pagi ada menulis. Ada juga membuat makalah singkat. Ini masih FGD yang sesi dua," kata Sekretaris Pansel Lelang Direksi dan Dewan Pengawas BUMD Makassar, Nur Kamarul Zaman. 

1. Baru nama-nama untuk lima BUMD yang diumumkan

82 Pelamar Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Lulus Seleksi BerkasIlustrasi Berkas (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Hanya saja, dari 6 BUMD yang dilelang, baru 5 di antaranya yang diumumkan. BUMD itu adalah 13 calon direksi dan 16 calon dewan pengawas Perumda Air Minum Kota Makassar. Kemudian 11 calon direksi dan 8 calon dewan pengawas untuk PD Parkir Makassar Raya.

Selanjutnya, 10 calon direksi dan 10 calon dewan pengawas untuk PD Pasar Makassar Raya. Lalu, 6 calon direksi dan 3 calon dewan pengawas untuk PD Terminal Makassar Metro. 

Terakhir, masing-masing 3 nama calon direksi dan dewan pengawas untuk PD Rumah Pemotongan Hewan. Sedangkan nama-nama calon direksi dan dewan pengawas untuk PT Bank Perkreditan Rakyat belum diumumkan.

2. Seleksi untuk PT Bank Perkreditan Rakyat diperpanjang

82 Pelamar Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Lulus Seleksi BerkasWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Untuk PT Bank Perkreditan Rakyat, tahapan seleksi administrasi belum dilaksanakan. Pasalnya, ada proses perpanjangan pendaftaran. 

"Kurang yang mendaftar laporannya," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Dari total 120 pelamar sebelumnya, memang hanya ada 5 pelamar untuk PT Bank Perkreditan Rakyat. Dari 5 pendaftar itu masing-masing 1 pelamar untuk direksi dan 4 pelamar untuk dewan pengawas.

Baca Juga: Dugaan Korupsi PDAM Makassar, Kejati Tunggu Audit BPKP

3. Hanya 36 posisi yang bakal terisi

82 Pelamar Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Lulus Seleksi BerkasIlustrasi seleksi berkas. (pixabay)

Adapun total formasi yang dibutuhkan yakni 36 posisi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18 posisi direksi dan 18 untuk posisi dewan pengawas.

Secara rinci yaitu masing-masing 3 direksi dan 3 dewan pengawas untuk Perumda Parkir Makassar Raya, PD Pasar Makassar Raya, PD Rumah Potong Hewan dan PD Terminal Makassar Metro. 

PT Bank Perkreditan Rakyat 2 direksi dan 2 dewan pengawas serta Perumda Air Minum Daerah 4 direksi dan 4 dewan pengawas. 

Baca Juga: Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Ramai Diikuti Eks Timses 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya