50 Persen Pasien COVID-19 di Asrama Haji Sudiang Makassar Telah Sembuh

72 pasien telah sembuh

Makassar, IDN Times - Sebanyak 72 orang pasien COVID-19 yang menjalani isolasi di Asrama Haji Sudiang Makassar, hingga saat ini telah sembuh. Jumlah itu 50 persen dari total keseluruhan pasien yang dirawat di sana.

Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Labuang Baji, dr. Haris Nawawi, menyampaikan, hingga 10 Agustus 2021, total pasien yang masuk sebanyak 145 pasien. 

"Di antaranya pasien sekarang (menjalani isolasi) sebanyak 66 orang, pasien yang pulang sebanyak 72 orang, ada juga pasien yang dipindahkan ke RS Labuang Baji," ujarnya, Rabu, (11/8/2021).

1. Terbuka untuk umum

50 Persen Pasien COVID-19 di Asrama Haji Sudiang Makassar Telah SembuhAsrama Haji Sudiang Makassar jadi tempat isolasi pasien COVID-19. IDN Times/Asrhawi Muin

Haris menegaskan, isolasi di Asrama Haji terbuka untuk umum. Pasien bisa mendaftar secara mandiri, melalui rujukan rumah sakit/Puskesmas, dan melalui call center/website telemedicine Hallo Dokter. 

"Sesuai arahan dari Bapak Plt Gubernur, syaratnya hanya memperlihatkan hasil PCR positif COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan. Kita terima. Untuk surat keterangan, nanti kami yang bantu follow up di Puskesmas," jelasnya.

Dia menyebut pasien yang menjalani isolasi di asrama haji berasal dari berbagai daerah. Ada dari kabupaten/kota seperti Pangkep, bahkan ada juga dari Jakarta. 

"Alhamdulillah, pasien merasa nyaman selama isolasi di FIT ini. Apalagi setelah kunjungan Bapak Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu dan mendengarkan pengakuan dari pasien yang menjalani isoman di FIT," kata Haris.

2. Masyarakat diminta melapor jika bergejala

50 Persen Pasien COVID-19 di Asrama Haji Sudiang Makassar Telah SembuhIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

RSUD Labuang Baji, kata Haris, telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk mempermudah pengurusan surat keterangan dari Puskesmas untuk pasien yang akan menjalani isolasi di Asrama Haji Sudiang.

Dia pun mengimbau masyarakat agar segera menjalani tes PCR di Puskesmas jika merasa ada gejala COVID-19. Bisa berkonsultasi dengan layanan telemedicine Hallo Dokter yang disiapkan Pemprov Sulsel. 

"Pasien yang sembuh maupun tenaga kesehatan kami juga selalu kami ingatkan agar menyampaikan kepada kerabat atau tetangga jika ada positif COVID-19 dengan tanpa gejala, sebaiknya melakukan isolasi di Asrama Haji. Kasihan keluarga di rumah. Segera ke kami, kami akan urus sampai sembuh," katanya.

Baca Juga: Isolasi Terpusat jadi Harapan Menekan COVID-19 di Sulsel

3. Disediakan secara gratis

50 Persen Pasien COVID-19 di Asrama Haji Sudiang Makassar Telah SembuhSituasi lokasi isolasi mandiri di Asrama Haji Sudiang di Makassar,Selasa (27/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

FIT (Fasilitas Isolasi Terintegrasi) di Asrama Haji Sudiang Makassar diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan. Pasien bisa berasal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sulsel, maupun dari provinsi lain yang kebetulan berada di Sulsel. 

Pasien akan dirawat di bawah pengawasan dokter spesialis dari RS Provinsi sebagai rumah sakit pengampuh. Terkhusus FIT di Asrama Haji, ini menjadi tanggung jawab dari RS Labuang Baji.

Hadirnya layanan FIT ini merupakan inisiatif Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan tempat isolasi ini disediakan gratis dengan kerja sama Kementerian Agama.

Asrama Haji memiliki 15 gedung perawatan, IGD darurat, kapasitas tempat tidur 1.500, standar kamar hotel, wisma tenaga kesehatan, sarana olahraga, sarana ibadah, sarana CCTV dan WiFi. Fasilitas kesehatannya memiliki ambulans rujukan, mobile lab, mobil x-ray, mobile PCR, oximetri, oksigen konsentrat, alkes lainnya. 

Baca Juga: Cerita Pasien COVID Sempat Ditolak Isolasi di Asrama Haji Sudiang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya