40.289 KPM di Makassar Tercatat sebagai Penerima BLT Minyak Goreng

Disalurkan di Kantor Pos

Makassar, IDN Times - Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng mulai dicairkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. BLT ini menyasar masyarakat miskin yang terimbas mahalnya harga minyak goreng di pasaran.

Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Auliya Arsyad mengatakan bahwa total keluarga penerima manfaat (KPM) BLT minyak goreng di daerahnya yakni 40.289 KK. Penyaluran BLT ini telah dimulai Senin, 11 April 2022 lalu.

"Sudah tersalur mulai tanggal 11 sampai 21 April 2022," kata Auliya, Jumat (15/4/2022).

1. BLT disalurkan di kantor Pos

40.289 KPM di Makassar Tercatat sebagai Penerima BLT Minyak GorengIlustrasi. Warga antre menunggu giliran untuk mendapat bantuan beras PPKM dengan ponselnya di Kantor Pos Serang, Banten, Minggu (1/8/2021). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman//aww.

Untuk penyalurannya, pemerintah pusat menugaskan kepada PT Pos Indonesia. Masyarakat yang hendak mendapatkan BLT minyak goreng ini, bisa datang langsung ke PT Pos Indonesia.

"Membawa undangan dan KTP asli ke kantor Pos atau titik-titik bayar yang sudah ditentukan di beberpa kecamatan," kata Auliya.

2. BLT untuk tiap KPM senilai Rp300 ribu

40.289 KPM di Makassar Tercatat sebagai Penerima BLT Minyak Gorengilustrasi memberikan uang (IDN TImes/Reza Iqbal)

BLT minyak goreng 2022 sendiri diberikan dikarenakan harga minyak yang sempat melambung tinggi dan mengalami kelangkaan di beberapa daerah.

Adapun besaran BLT minyak goreng 2022 adalah Rp100 ribu setiap bulan selama tiga bulan yang cair sekaligus. Dengan demikian, total yang diterima oleh KPM BLT minyak goreng 2022, yakni Rp300 ribu.

"Penyalurannya sudah ada jadwalnya masing-masing di kecamatan," kata Auliya.

3. KPM juga menerima BPNT

40.289 KPM di Makassar Tercatat sebagai Penerima BLT Minyak GorengIlustrasi penyaluran bantuan pangan non-tunai melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Selain BLT minyak goreng, ada bantuan lain yang disalurkan yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Untuk BPNT, setiap keluarga menerima Rp200 ribu untuk bulan Mei yang dibayarkan bulan ini.

"Jadi total keseluruhan Rp500 ribu kalau ditambah BLT minyak goreng" kata Auliya.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya