30 Pegawai Otoritas Bandara Hasanuddin Makassar Positif COVID-19

Semua yang pernah kontak jalani swab

Makassar, IDN Times  - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Maros, menemukan sebanyak 30 orang pegawai Otoritas Bandara Sultan Hasanuddin Makassar positif terpapar COVID-19. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maros, Syarifuddin, membenarkan hal ini. Para pegawai ini diketahui merupakan warga Maros.

"Iya, betul. Ada 30 orang," kata Syarifuddin saat dihubungi IDN Times, Jumat (24/7/2020).

1. Sebagian besar menjalani isolasi mandiri

30 Pegawai Otoritas Bandara Hasanuddin Makassar Positif COVID-19Ilustrasi gelang isolasi mandiri. IDN Times / Nana Suryana

Puluhan pegawai otoritas bandara yang terjangkit corona, sebagian besar merupakan pasien tanpa gejala (OTG). Maka dari itu, mereka pun hanya melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil pemeriksaan swab selanjutnya. Namun ada juga yang dirawat di rumah sakit.

"Mereka saat ini ada yang diisolasi mandiri di Mess Otoritas Bandara. Ada pula 1 orang dirawat di RS Tadjuddin Chalid," kata Syarifuddin.

2. Gugus Tugas lakukan tracing

30 Pegawai Otoritas Bandara Hasanuddin Makassar Positif COVID-19ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Menurut Syarifuddin, tim Gugus Tugas COVID-19 telah melakukan tracing contact kepada setiap orang, termasuk pegawai Otoritas Bandara, yang diduga pernah melakukan kontak langsung dengan puluhan pegawai tersebut.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui penyebab dan dari mana para pegawai ini terpapar COVID-19, apakah mereka terpapar di dalam kantor ataukah di luar kantor. Untuk itulah tracing terus dilakukan. 

"Di-swab semua yang pernah kontak erat. Belum ada hasilnya," katanya.

Baca Juga: Positif COVID-19, Kepala Otoritas Bandara Makassar Diisolasi

3. Kasus positif COVID-19 di Maros sudah 374 kasus

30 Pegawai Otoritas Bandara Hasanuddin Makassar Positif COVID-19Ilustrasi. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Sementara itu, Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Maros, mencatat total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah tersebut hingga 23 Juli 2020 sudah mencapai 374 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 17 orang tengah dalam perawatan dan 121 yang menjalani isolasi mandiri.

Dari jumlah itu juga, sebanyak 228 orang telah dinyatakan sembuh sedangkan 8 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia. 

Baca Juga: 7 Petugas di Bandara Hasanuddin Makassar Positif Corona

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya