1 Juli, Kontingen PON Sulsel Mulai Divaksinasi COVID-19

Semua atlet harus divaksin sebelum bertanding

Makassar, IDN Times - Sebanyak 201 atlet kontingen Sulawesi Selatan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua akan menjalani vaksinasi COVID-19.

Vaksinasi dosis pertama rencananya diberikan pada 1 Juli 2021, dipusatkan di GOR Sudiang Makassar.  Atlet yang bakal divaksin berasal dari 32 cabang olahraga yang akan berlaga di PON pada Oktober 2021 nanti.

"Menindaklanjuti apa yang menjadi amanat dari Menpora bahwa semua atlet yang akan diberangkatkan, termasuk pelatih dan asisten pelatih, serta mekanik harus sudah divaksin," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi Arwin Azis, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga: 100 Hari Jelang PON, Wali Kota Jayapura: Jangan Takut ke Papua

1. Vaksinasi jadi persyaratan untuk berlaga di PON

1 Juli, Kontingen PON Sulsel Mulai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

KONI Sulsel kontingen untuk PON sebanyak 265 orang. Selain 201 atlet, mereka terdiri dari 46 pelatih, tujuh asisten pelatih, dan sebelas mekanik.

Arwin mengatakan vaksinasi atlet yang bakal berkompetisi di PON XX menjadi persyaratan mutlak. Berdasarkan instruksi Menpora, atlet yang belum divaksinasi tidak boleh diberangkatkan ke Papua.

"Kami di provinsi Sulawesi Selatan melalui Dispora sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sulsel untuk pelaksanaan vaksin," kata Arwin. 

2. Vaksinasi di Sulsel juga diikuti dua atlet Papua

1 Juli, Kontingen PON Sulsel Mulai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Selain itu, Arwin menyebut ada dua orang atlet Papua yang juga akan menjalani vaksinasi tahap pertamanya di Makassar. Pasalnya, kedua atlet itu masing-masing dari cabor takraw dan renang sedang mengikuti peusatan latihan di Sulsel.

"Kebetulan mereka lagi traning di Sulsel. Mereka mengusulkan ikut vaksin nantinya dan dari informasi Dinas Kesehatan Sulsel, tidak ada masalah," katanya.

3. Sudirman pastikan semua atlet divaksinasi

1 Juli, Kontingen PON Sulsel Mulai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan vaksinasi untuk atlet sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali. Sebab, persyaratan ini bagi atlet yang akan bertanding, juga untuk memastikan keamanan atlet di masa latihan. 

Dia pun memastikan bahwa para atlet divaksin untuk keamanan kesehatan dan semangat juang di pekan olahraga skala nasional tersebut.
 
"Sudah ada instruksi dari Menpora, bahwa harus semuanya divaksin sebelum bertanding," katanya.

Baca Juga: Coret Petinju, Pertina Sulsel Tetap Bidik Satu Emas di PON Papua

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya