TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pimpinan Sementara DPRD Sulsel Agendakan Penyusunan AKD

Surati lima parpol soal nama pimpinan definitif

Pelantikan 84 Anggota DPRD Sulsel periode 2024-2029, Selasa (24/9/2024). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Makassar, IDN Times - Pimpinan sementara DPRD Sulawesi Selatan mengagendakan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam waktu dekat. Agenda itu menunggu surat keputusan tentang lima pimpinan DPRD Sulsel definitif dari Kementerian Dalam Negeri.

"Pimpinan DPRD sementara akan memfasilitasi pembentukan AKD kemudian, fraksi dan juga kita akan membuat tata tertib," kata Ketua Sementara DPRD Sulsel Andi Rachmatika Dewi di Makassar, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga: 84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik, Cicu Ketua Sementara

1. Lima parpol diminta segera tentukan nama pimpinan

Kantor DPRD Sulsel. (IDN Times/Aan Pranata)

Rachmatika yang akrab disapa Cicu mengatakan, DPRD Sulsel dalam waktu dekat akan bersurat kepada lima partai politik peraih kursi pimpinan. Masing-masing parpol diminta segera mengirimkan SK nama-nama yang ditunjuk sebagai pimpinan di DPRD, agar bisa diteruskan kepada Mendagri.

"Insya Allah, dalam waktu dekat semua bisa selesai dan semua bisa melaksanakan tugasnya sebagai pimpinan definitif DPRD Sulsel," ucapnya.

Cicu berharap, struktur AKD DPRD Sulsel segera ditetapkan agar agenda kerja bisa berjalan. Usai pelantikan, seluruh legislator DPRD Sulsel akan mengikuti bimbingan teknis, pada 30 September hingga 4 Oktober 2024.

2. NasDem berhak atas kursi Ketua DPRD Sulsel

Pada pemilihan legislatif DPRD Sulsel, NasDem jadi partai politik pemenang, dengan mengamankan kursi terbanyak, yaitu 17 kursi. Mereka jadi partai pertama mengalahkan Golkar pada pemilihan umum di Sulsel.

Dari hasil rekapitulasi, diketahui sepuluh partai politik akan mendudukkan wakilnya di DPRD Sulsel. Selain NasDem, kursi DPRD Sulsel terbagi untuk Golkar (14 kursi), Gerindra (13), PKB (8), PPP (8), Demokrat (7), PKS (7), PDIP (6), PAN (4), dan Hanura (1).

Komposisi ini berbeda dibandingkan hasil Pemilu 2019. Saat itu ada sebelas parpol meloloskan kadernya ke DPRD Sulsel, dengan rincian: Golkar (13), NasDem (12), Gerindra (11), Demokrat (10), PKB (8), PDIP (8), PKS (8), PAN (7), PPP (6), Perindo (1), dan Hanura (1).

Posisi pimpinan DPRD Sulsel jadi jatah lima partai politik dengan perolehan kursi terbanyak. Pimpinan terdiri dari ketua dan empat wakil ketua. Sebagai pemenang sekaligus peraih kursi terbanyak, NasDem berhak atas posisi Ketua DPRD Sulsel. Adapun posisi Wakil Ketua jadi jatah Golkar, Gerindra, PKB, dan PPP.

3. NasDem tunjuk Andi Rachmatika Dewi sebagai Ketua DPRD Sulsel

Partai NasDem menunjuk Andi Rachmatika Dewi "Cicu" sebagai Ketua DPRD Sulawesi Selatan periode 2024-2029. Cicu, Ketua DPD Partai NasDem Makasar, lolos ke DPRD melalui daerah pemilihan Sulawesi Selatan I.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif. Anggota DPRD Sulsel terpilih dilantik pada Selasa (24/9/2024).

"NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse dan Syaharuddin Alrif sebagai ketua dan sekretaris memberi amanah kepada drg. Andi Rachmatika Dewi sebagai ketua DPRD Sulawesi Selatan periode 2024-2029. Ketua fraksi bendahara DPW Muhammad Sadar," kata Syaharuddin melalui pesan singkat kepada wartawan.

Baca Juga: 84 Anggota DPRD Sulsel Dilantik, Cicu Ketua Sementara

Berita Terkini Lainnya