Unhas Terima 4.623 Mahasiswa Baru Lewat Jalur UTBK-SBMPTN

Simak cara registrasi ulang bagi peserta lulus seleksi

Makassar, IDN Times - Perguruan tinggi negeri se-Indonesia menerima 184 ribu lebih mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Salah satunya Universitas Hasanuddin di Makassar.

Di Unhas, ada 4.623 lulusan SMA yang diterima lewat jalur SBMPTN. Mereka merupakan bagian dari total 24.296 pendaftar yang memilih Unhas pada dua gelombang seleksi selama dua pekan.

Baca Juga: Daftar 10 Kampus Penerima SBMPTN 2021 Terbanyak 

1. Total peminat Universitas Hasanuddin pada SBMPTN tahun ini menurun dari tahun lalu

Unhas Terima 4.623 Mahasiswa Baru Lewat Jalur UTBK-SBMPTNPemandangan gedung Rektorat Universitas Hasanuddin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Muhammad Restu, menyebut seleksi tahun ini berlangsung cukup kompetitif. Terlebih secara persentase, hanya ada 19 persen peminat Kampus Merah yang diterima tahun ini.

Jumlah pendaftarnya memang tak sebanyak tahun lalu, yang mencapai 39.415 orang. Tetapi yang diterima meningkat dari UTBK-SBMPTN 2020, yang hanya 4.451 mahasiswa baru.

"Bagi peserta UTBK-SBMPTN yang berhasil lulus di Unhas, kami mengucapkan selamat. Selanjutnya silakan mengikuti prosedur pendaftaran ulang. Perlu diperhatikan bahwa tahapan pendaftaran ulang ini berlangsung secara daring," ujar Restu dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

2. Proses registrasi ulang lulusan UTBK-SBMPTN berlangsung secara daring mulai hari ini

Unhas Terima 4.623 Mahasiswa Baru Lewat Jalur UTBK-SBMPTNIlustrasi. Rektor Unhas Prof Dwia memantau langsung pelaksanaan UTBK. IDN Times/Humas Unhas

Restu meminta para lulusan UTBK-SBMPTN agar tetap mengikuti informasi resmi yang berasal dari Rektorat Unhas. "Jangan percaya kepada berbagai iming atau janji terkait kelulusan di Unhas, sebab semua informasi transparan dan dapat diakses oleh publik," lanjut dosen Fakultas Kehutanan tersebut.

Usai resmi menyandang status mahasiswa baru, lulusan via UTBK-SBMPTN ini diminta segera melakukan registrasi ulang melalui http://regpmb.unhas.ac.id. Proses ini berlangsung mulai hari Selasa ini (15/6/2021) pukul 20.00 WITA hingga 25 Juni 2021.

3. Seleksi masuk Jalur Mandiri akan dibuka mulai Rabu besok (16/6/2021)

Unhas Terima 4.623 Mahasiswa Baru Lewat Jalur UTBK-SBMPTNSuasana upacara penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin Makassar tahun ajaran 2020/21, pada Senin 9 September 2020. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Bagi peserta UTBK-SBMPTN yang belum berhasil, Restu meminta mereka tak berkecil hati. Beberapa jalur masih bisa dimanfaatkan sebagai pintu masuk untuk memperoleh status mahasiswa Kampus Merah.

Mereka bisa menempuh Jalur Mandiri yang terdiri atas Jalur Non Subsidi, Jalur Prestasi Olah Raga Seni dan Keilmuan, Jalur Vokasi D4 (Sarjana Terapan) dan Kelas Internasional. Seleksi Jalur Mandiri akan dibuka mulai Rabu besok (16/6/2021) sampai 25 Juni 2021 atau Jumat pekan depan.

Baca Juga: Mahfud MD Keliru Tulis Unhas Berada di Padang, Warganet Heboh

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya