Unhas Fungsikan Asrama Mahasiswa sebagai Lokasi Karantina Pasien COVID

Bisa mendaftar daring atau melapor ke posko satgas

Makassar, IDN Times - Rektorat Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar sedang menyiapkan asrama mahasiswa (ramsis) di Kampus Tamalanrea sebagai lokasi karantina bagi warganya yang terpapar COVID-19. Mulai dari mahasiswa, dosen hingga staf di seluruh fakultas.

Dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Minggu sore (8/8/2021), Ramsis dipilih atas sejumlah pertimbangan. Seperti letaknya yang berdekatan dengan RS Wahidin Sudirohusodo serta RS Unhas, fasilitasnya cukup lengkap serta jauh dari keramaian.

1. Ketua Satgas COVID-19 Unhas, Prof. Budu, sebut Ramsis sudah mengalami beberapa penyesuaian

Unhas Fungsikan Asrama Mahasiswa sebagai Lokasi Karantina Pasien COVIDDekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. dr. Budu, Ph.D., Sp.M(K)., M.Med.Ed., saat berbicara dalam sebuah acara. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Menurut Ketua Satgas COVID-19 Unhas, Prof. dr. Budu, pihaknya sedang melakukan beberapa penyesuaian di sejumlah gedung, sebelum mulai beroperasi sebagai tempat karantina berpengawasan.

"Untuk tahap awal, kami mempersiapkan 40 kamar dengan fasilitas lengkap yang sudah direnovasi untuk rencananya digunakan oleh mahasiswa internasional. Namun, kami manfaatkan dulu sebagai ruang isolasi mandiri," jelasnya.

"Selain itu, juga masih ada satu blok lagi yang dipersiapkan untuk antisipasi jika banyak permintaan warga Unhas," lanjut Dekan Fakultas Kedokteran itu.

2. Sivitas akademika Unhas bisa mendaftar secara daring atau melapor ke posko Satgas Unhas

Unhas Fungsikan Asrama Mahasiswa sebagai Lokasi Karantina Pasien COVIDIlustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Syaratnya pun mudah. Warga Unhas hanya perlu menyediakan hasil swab PCR positif. Surat keterangan diunggah secara daring atau melapor langsung di posko Ramsis Unhas. Layanan yang diberikan antara lain swab berkala, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan vitamin, rujukan ke rumah sakit, dan lain-lain.

"Konsep yang diterapkan adalah karantina kawasan yakni peserta isolasi bisa bersosialisasi ke area yang sudah ditentukan. Prinsip pengelolaan berdasarkan kerelawanan, di mana pendanaan berasal dari berbagai sumber donasi yang terkumpul melalui satgas Covid-19 Unhas," imbuh Prof. Budu.

Baca Juga: 60 Mahasiswa KKN Unhas di Jeneponto Positif COVID-19

3. Fasilitas karantina khusus akan diresmikan oleh Rektor Unhas pada hari Senin besok

Unhas Fungsikan Asrama Mahasiswa sebagai Lokasi Karantina Pasien COVIDRektor Universitas Hasanuddin, Dwia Aries Tina Pulubuhu (kanan), saar meninjau salah satu gedung Asrama Mahasiswa pada 16 Juli 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Fasilitas karantina ini akan diresmikan Senin besok (9/8/2021) oleh Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu. Alamat pendaftaran bagi warga Unhas diluncurkan bersamaan dengan acara launching. Prof. Budu berharap ini memberi dampak signifikan terhadap upaya pemerintah menekan penyebaran virus SARS-CoV-2.

"Harapan lain agar program-program Satgas ini dapat didukung oleh setiap elemen di Unhas, baik itu Dosen, staf kependidikan, jajaran pimpinan universitas, mahasiswa pemerintah kota dan Provinsi. Juga semoga kehadiran Satgas COVID-19 Unhas memberikan manfaat khususnya untuk warga Unhas yang terpapar," pungkasnya.

Baca Juga: Epidemiolog Unhas: Penanganan COVID di Indonesia Memasuki Fase Ekstrem

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya