Hari Pertama UTBK-SBMPTN di Unhas, 140 Peserta Tidak Hadir

Berlangsung hingga hari Senin pekan depan

Makassar, IDN Times - Gelombang pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022 resmi dimulai pada hari Selasa ini (17/5/2022). Beberapa kampus di Kota Makassar dipilih sebagai tempat penjaringan para calon mahasiswa baru, salah satunya adalah Universitas Hasanuddin (Unhas).

Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa, meninjau langsung beberapa ruangan di Kampus Unhas Tamalanrea pada hari pertama UTBK, Selasa pagi (17/5/2022). Ia ditemani Prof. Muhammad Restu selaku Penanggung Jawab UTBK Unhas dan beberapa koordinator.

1. Jamaluddin Jompa berharap UTBK-SBMPTN berjalan lancar

Hari Pertama UTBK-SBMPTN di Unhas, 140 Peserta Tidak HadirRektor Universitas Hasanuddin Prof. Jamaluddin Jompa saat meninjau hari pertama UTBK-SBMPTN di Kampus Unhas Tamalanrea, Selasa 17 Mei 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Sama seperti pelaksanaan UTBK-SBMPTN di masa pandemik, pihak panitia menerapkan protokol COVID-19 secara ketat. Selain itu, diharapkan para pengawas memastikan tak ada kecurangan dilakukan oleh peserta.

"Peninjauan ini dimaksudkan untuk melihat langsung implementasi persiapan oleh Unhas. Kita ingin memastikan seluruh rangkaian atau tahapan berlangsung lancar," ujar Prof. JJ dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

"Unsur kepanitian melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama memastikan proses UTBK-SBMPTN berjalan tanpa kendala, tidak ada kecurangan, dan seluruh pihak yang terlibat mengetahui peran dan tanggung jawabnya," imbuhnya.

2. Total 780 unit komputer disiapkan oleh Panitia UTBK Unhas

Hari Pertama UTBK-SBMPTN di Unhas, 140 Peserta Tidak HadirSuasana hari pertama penyelenggaraan UTBK-SBMPTN di salah satu ruangan Kampus Unhas Tamalanrea, Selasa 17 Mei 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai salah satu pusat UTBK, Unhas menyiapkan 985 unit komputer untuk digunakan oleh total 24.765 peserta seleksi. Rinciannya yakni 780 komputer di lima lokasi Kampus Tamalanrea, kemudian di Kampus Fakultas Teknik Gowa sebanyak 205 komputer pada 5 lokasi.

Sebanyak 37 ruangan ujian disiapkan oleh panitia. Masing-masing 29 di Kampus Tamalanrea, kemudian 8 sisanya di Gowa. 

Total ada 1.970 peserta yang dijadwalkan mengikuti ujian hari pertama, masing-masing 985 peserta pada sesi pagi hari dan siang.

Baca Juga: Kementan dan Unhas Bahas Proyek Pusat Pengembangan Sagu Dunia

3. Ada 140 peserta yang tidak hadir di hari pertama

Hari Pertama UTBK-SBMPTN di Unhas, 140 Peserta Tidak HadirRektor Universitas Hasanuddin Prof. Jamaluddin Jompa saat meninjau hari pertama UTBK-SBMPTN di Kampus Unhas Tamalanrea, Selasa 17 Mei 2022. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Namun, berdasarkan data yang diterima IDN Times, ada 84 peserta tidak hadir di sesi pagi dan 56 lainnya absen dari sesi siang. Dengan ini, total 140 peserta tidak hadir di Pusat UTBK Universitas Hasanuddin pada hari pertama.

Padahal berdasarkan ketentuan LTMPT, peserta yang absen dari ujian sesuai jadwal dipastikan akan gugur dalam SBMPTN. Apalagi syarat utama lolos ke Perguruan Tinggi Negeri adalah mengantongi nilai UTBK.

UTBK-SBMPTN sendiri berlangsung dalam dua tahap. Gelombang pertama dari Selasa ini (17/5/2022) sampai Senin pekan depan (23/5/2022). Kemudian gelombang kedua pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

Baca Juga: Jusuf Kalla Serahkan Estafet IKA Unhas ke Amran Sulaiman

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya