Disdik Sulsel dan Zenius Bantu Guru Memahami Teknologi Pembelajaran

Upaya memaksimalkan fungsi teknologi di masa pandemik

Makassar, IDN Times - Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Disdik Sulsel) dan platform pendidikan berbasis teknologi Zenius baru saja menyelesaikan "Lokakarya Zenius untuk Guru". Berlangsung sejak Januari 2021, sebanyak 5 ribu guru SMA dan SMK se-Sulsel berembuk perihal pengembangan kapasitas guru.

Ini adalah lanjutan komitmen kerja sama Disdik Sulsel dan Zenuis yang diteken pada 30 November 2020 lalu. Tujuannya adalah membantu guru-guru mengatasi tantangan yang mereka hadapi selama ini.

"Tidak hanya menjadi bekal pembelajaran jarak jauh selama pandemi, tapi dalam jangka panjang kami berharap kolaborasi ini dapat terus berjalan agar kualitas pembelajaran terus meningkat, begitu pula hasil belajar siswa," ujar Sekretaris Disdik Sulsel Hery Sumiharto, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat (5/2/2021).

1. Disdik Sulsel harap kolaborasi dengan Zenius bisa meningkatkan kualitas pembelajaran

Disdik Sulsel dan Zenius Bantu Guru Memahami Teknologi PembelajaranSekretaris Disdik Sulsel, Hery Sumiharto, memberikan sambutannya pada acara Lokakarya Zenius & Guru MIPA Sulawesi Selatan. (Dok. Istimewa)

Dibagi sesuai rumpun ilmu (Soshum, MIPA, Vokasi, Bahasa dan Umum), lokakarya ini turut membahas penerapan teknologi plus sejumlah metode pembelajaran yang bisa meningkatkan kualitas belajar jarak jauh.

Selain itu, fokus lain kerja sama Disdik Sulsel - Zenius adalah pengembangan kapasitas guru dan adaptasi pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan selama pandemi. Termasuk di dalamnya yakni penggunaan aplikasi Zenius untuk Guru (ZenRu).

"Penerapan teknologi dapat meringankan beban kerja sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mengoptimalkan interaksinya dengan siswa," ungkap Kepala UPT Pelayanan TIK Pendidikan Disdik Sulsel, Andi Hidayati.

"Melalui lokakarya ini, kami berharap guru-guru dapat lebih akrab dengan teknologi pendidikan masa kini serta praktik terbaik dalam memanfaatkannya untuk mendorong kemajuan siswa," lanjutnya.

Baca Juga: Mondial Fest 2019: Tumbuhkan Narasi Kemanusiaan lewat Media Millennial

2. Upaya Zenius mewujudkan akses materi pembelajaran berkualitas bagi guru dan siswa

Disdik Sulsel dan Zenius Bantu Guru Memahami Teknologi PembelajaranIlustrasi (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Zenius sendiri memiliki misi mewujudkan akses mudah ke materi pendidikan berkualitas untuk guru dan siswa. Menurut perusahaan berbasis teknologi itu, pendidikan merata jadi hal mendasar dalam menciptakan masa depan Indonesia yang cerah.

Chief Operating Officer Zenius, Tantia Dian Permata Indah, menyebut pihaknya siap mendukung upaya Disdik Sulsel meningkatkan hasil belajar siswa. Ini bisa dicapai dengan meningkatkan kompetensi guru dan pemanfaatan teknologi secara maksimal.

"Ke depannya, kami juga berharap kerja sama serupa bisa diterapkan di daerah lain, sehingga kami bisa memberikan dampak positif yang lebih luas terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan merealisasikan agenda pemerintah dalam meningkatkan nilai OECD PISA Indonesia," papar Tantia.

Baca Juga: Fenomena Comot Isi Berita untuk Feed Medsos Akun Pseudonim, Legalkah?

3. Zenius untuk Guru diharapkan mempermudah kerja para pengajar di Sulawesi Selatan

Disdik Sulsel dan Zenius Bantu Guru Memahami Teknologi PembelajaranTampilan awal situs Zenius untuk Guru, platform yang dikembangkan untuk memudahkan kerja guru. (guru.zenius.com)

ZenRu milik Zenius bertujuan memudahkan kegiatan belajar-mengajar jarak jauh. Sejak diluncurkan pada 25 November 2020, aplikasi tersebut telah digunakan oleh lebih dari 11 ribu guru di seluruh Indonesia.

ZenRu menyediakan lebih dari 90 ribu video pembelajaran Zenius, termasuk materi pelajaran tambahan dan pembuatan soal ujian. Kerja sama dengan Disdik Sulsel memungkinkan ZenRu menjangkau lebih dari 100 ribu guru dan 1,5 juta siswa.

Selain itu, kolaborasi Disdik Sulsel dan Zenius juga memberi imu tambahan bagi tenaga pengajar perihal mengelola penugasan, mengoreksi pekerjaan siswa dan menyelesaikan urusan administrasi.

Baca Juga: AIESEC Unhas Ajak Millennial Paham Peran Penting di Tengah Pandemik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya