Basli Ali Buka Kuliah Perdana Kampus Vokasi Unhas di Selayar

Mahasiswa baru diminta meningkatkan kompetensi diri

Makassar, IDN Times - Kuliah perdana Program Pendidikan Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Kabupaten Kepulauan Selayar dibuka secara resmi lewat seremoni di Ruang Pola Kantor Bupati Selayar pada Selasa (5/10/2021).

Hadir dalam acara yang digelar secara luring terbatas tersebut Bupati Selayar, Muh. Basli Ali. Dimulai dengan pemukulan gong, rangkaian pembukaan dilanjutkan dengan pemasangan almamater dan penyerahan kartu kepada dua perwakilan mahasiswa baru.

Baca Juga: Pakar Unhas: Banjir-Longsor di Luwu karena Degradasi Lahan

1. Pembukaan Kampus Vokasi Unhas di Selayar jadi bentuk pemerataan akses ke pendidikan tinggi

Basli Ali Buka Kuliah Perdana Kampus Vokasi Unhas di SelayarSuasana pembukaan kuliah perdana Kampus Vokasi Universitas Hasanuddin di Kabupaten Kepulauan Selayar di Ruang Pola Kantor Bupati Selayar, Selasa 5 Oktober 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Dalam kata sambutannya, Bupati Basli Ali mengucap syukur dan bangga atas hadirnya kampus vokasi Unhas. Terlebih dua program studi (prodi) di Selayar merupakan hal yang amat dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi wilayah kepulauan tersebut, yakni Destinasi Pariwisata serta Budidaya Laut dan Pantai.

Selain itu, Basli Ali atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar berjanji menjaga komitmen peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, lewat upaya pemerataan. Menurutnya, masalah ini dihadapi oleh masyarakat di daerah yang kerap sulit mengakses pendidikan tinggi di ibu kota provinsi.

2. Bupati Basli Ali berpesan agar mahasiswa belajar sungguh-sungguh demi meningkatkan kompetensi diri

Basli Ali Buka Kuliah Perdana Kampus Vokasi Unhas di SelayarSuasana pembukaan kuliah perdana Kampus Vokasi Universitas Hasanuddin di Kabupaten Kepulauan Selayar di Ruang Pola Kantor Bupati Selayar, Selasa 5 Oktober 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

"Kami memahami bahwa realisasi pelaksanaan proses belajar-mengajar untuk Kampus Unhas Selayar tidak cukup hanya berbekal komitmen dan semangat. Akan tetapi, diperlukan kerja keras dan kerja cerdas, serta dukungan berbagai pihak," kata Basli Ali dalam keterangan tertulis.

"Apalagi mengingat banyaknya tantangan dan rintangan yang bisa saja melemahkan semangat serta memudarkan komitmen yang telah kita pupuk dan pelihara sedari awal," imbuhnya.

Di akhir sambutan, ia mengucap selamat pada seluruh mahasiswa Kampus Unhas Selayar yang diterima. Bupati dua periode itu berpesan agar mereka belajar bersungguh-sungguh demi meningkatkan kompetensi diri.

3. Kampus Vokasi Unhas Selayar menerima 41 mahasiswa untuk tahun ajaran 2021/22

Basli Ali Buka Kuliah Perdana Kampus Vokasi Unhas di SelayarGerbang Kampus Vokasi Universitas Hasanuddin di Kabupaten Kepulauan Selayar, yang berada di Kota Benteng. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Sebelumnya pada Senin kemarin (4/10/2021), mahasiswa baru Kampus Unhas Selayar tahun akademik 2021/22 mendapat materi dunia perkuliahan serta seluk-beluk Kampus Merah dari para dosen.

Wacana pembukaan kampus vokasi di Selayar telah digodok sejak awal tahun 2021. Unhas menyebut bahwa ini adalah bentuj kewajiban mereka dalan mengembangkan sumber daya manusua sesuai kebutuhan daerah.

Di semester awalnya, ada 41 mahasiswa baru yang diterima. Rinciannya yakni Prodi Destinasi Pariwisata sebanyak 22 mahasiswa, kemudian Prodi Budidaya Laut dan Pantai berjumlah 19 mahasiswa.

Baca Juga: Unhas Fungsikan Asrama Mahasiswa sebagai Lokasi Karantina Pasien COVID

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya