Ansar Suyuti Jadi Rektor Institut Teknologi BJ Habibie

Rektor pertama di perguruan tinggi negeri baru di Parepare

Makassar, IDN Times - Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Prof Ansar Suyuti dilantik menjadi rektor Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH), perguruan tinggi negeri yang baru berdiri di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Ansar tergabung dalam pelantikan 13 pejabat baru di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dia dilantik pada Selasa (5/10/2021) di Jakarta.

Ansar lolos proses seleksi Kemendikbudristek, setelah sebelumnya ada tiga nama diusulkan oleh Unhas selaku pembina ITBH.

1. Prof. Ansar Suyuti lolos seleksi di Kemdikbudristek

Ansar Suyuti Jadi Rektor Institut Teknologi BJ HabibiePelantikan Dosen Universitas Hasanuddin, Prof. Ansar Suyuti, sebagai Rektor Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) Parepare di Jakarta pada Selasa 5 Oktober 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Dalam kata sambutan setelah pelantikan, Ir. Suharti selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek berharap agar ke-13 pejabat baru ini ikut serta mendorong upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Para pejabat baru perlu memastikan kebijakan dan program kita, direncanakan dengan baik, dilaksanakan dengan akuntabilitas yang baik, serta diawasi dengan seksama sehingga dapat memberikan manfaat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

2. Prof. Ansar diharap mendukung terciptanya proses kreatif para mahasiswa ITBH

Ansar Suyuti Jadi Rektor Institut Teknologi BJ HabibiePelantikan Dosen Universitas Hasanuddin, Prof. Ansar Suyuti, sebagai Rektor Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) Parepare di Jakarta pada Selasa 5 Oktober 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Termasuk Prof. Ansar, 4 rektor dan 6 direktur baru ini diharap ikut serta dalam proses terobosan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Suharti berharap ada selalu ada kolaborasi dijalin perguruan tinggi dengan pelaku usaha, penggerak industri serta pemangku kepentingan, demi mendukung program Kampus Merdeka.

Secara khusus, sang Sekjen berpesan pada Prof. Ansar untuk memanfaatkan berdirinya ITBH sebagai pijakan membangun fondasi tata kelola yang berujung pada terciptanya nalar kreatif dan inovasi para mahasiswanya nanti.

3. Mendiang BJ Habibie memberi dukungan penuh saat mendengar ide ITBH dari Wali Kota Parepare

Ansar Suyuti Jadi Rektor Institut Teknologi BJ HabibieB. J Habibie, Presiden Indonesia Ketiga (Website/kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id)

ITBH sendiri dirintis oleh Wali Kota Parepare Taufan Pawe sejak tahun 2014. Taufan bahkan menghadap langsung mendiang BJ Habibie untuk mengutarakan idenya, yang langsung disetujui oleh Presiden ke-3 Indonesia itu.

Unhas sebagai pembina juga bertugas menyuplai tenaga dosen. Tiga program studi yang disediakan (Ilmu Komputer-Informatika, Sistem Informasi dan Matematika) mengantongi rekomendasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Region IX Sulawesi pada September 2019.

ITBH Parepare jadi Institut Teknologi Negeri kelima di Indonesia setelah ITB Bandung, ITS Surabaya, ITERA (Institut Teknologi Sumatera) di Lampung dan ITK (Institut Teknologi Kalimantan) di Balikpapan. Lebih jauh, ITBH merupakan PTN kelima di Sulawesi Selatan yang dinaungi Kemendikbudristek.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya