Andi Amran Sulaiman Jadi Ketua IKA Unhas Gantikan JK

Mantan Mentan mengumpulkan 82 dari 125 suara yang tersedia

Makassar, IDN Times - Andi Amran Sulaiman (AAS) terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Periode 2022-2026. Amran menggantikan HM Jusuf Kalla yang sebelumnya menjabat selama 25 tahun.

Dalam proses pemungutan suara yang berlangsung pada Sabtu malam (5/3/2022), mantan Menteri Pertanian tersebut berhasil mengumpulkan 82 dari total 125 suara.

Amran unggul atas calon lainnya, yakni Haedar Abdul Karim. Ketua IKA Teknik Unhas itu meraup 43 suara. Berlangsung di ballroom Hotel Four Points by Sheraton Makassar, proses voting sendiri berjalan lancar, dan diikuti oleh 34 perwakilan.

Baca Juga: Amran Sulaiman dan SYL Bersaing Jadi Ketua IKA Unhas

1. Andi Amran Sulaiman mengumpulkan 82 suara anggota IKA Unhas

Andi Amran Sulaiman Jadi Ketua IKA Unhas Gantikan JKTangkapan layar siaran langsung hasil penghitungan suara pemilihan Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin yang berlangsung pada Sabtu 5 Maret 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Dalam pidato kemenangannya, Andi Amran Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada sesama kontestan pemilihan dan seluruh pejabat teras Kampus Merah. Di hadapan para peserta Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unhas, ia menyatakan kesiapan memimpin organisasi selama lima tahun ke depan.

"Ini adalah pengabdian. Insyaallah kita akan melakukan yang terbaik untuk IKA Unhas dan juga nusa-bangsa yang kita cintai," kata AAS disambut tepuk tangan riuh para anggota yang hadir.

2. AAS Building diumumkan jadi lokasi sekretariat IKA Unhas

Andi Amran Sulaiman Jadi Ketua IKA Unhas Gantikan JKTangkapan layar siaran langsung pidato kemenangan Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin terpilih Andi Amran Sulaiman pada Sabtu 5 Maret 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengumumkan bahwa IKA Unhas akhirnya akan memiliki sekretariat sendiri. Tepatnya berada di Lantai 13 AAS Building Jalan Urip Sumoharjo Panaikang, tak jauh dari Kantor Gubernur Sulawesi Selatan yang sedang ditempati saudara kandungnya yakni Andi Sudirman Sulaiman.

"Mulai besok bisa ditempati untuk ngumpul dan sharing. Bisa juga sebagai tempat ngopi bagi anak-anak muda yang usianya 65 tahun ke bawah," ucap akademisi kelahiran Bone tersebut.

3. Syahrul Yasin Limpo mencabut pencalonan di detik-detik terakhir

Andi Amran Sulaiman Jadi Ketua IKA Unhas Gantikan JKMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Nama dan foto calon ketiga, Syahrul Yasin Limpo masih tertera di kertas suara. Tapi Menteri Pertanian petahana tersebut mencabut pencalonannya sebab tak bisa hadir di tempat meski rapat pleno Mubes IKA Unhas sudah diskorsing sebanyak tiga kali.

SYL baru hadir setelah proses pemungutan suara rampung untuk mengikuti acara penutupan dan ramah tamah Mubes IKA Unhas 2022. Turut hadir pula Jusuf Kalla sebagai mantan Ketua IKA Unhas, Rektor Unhas petahana Dwia Aries Tina Pulubuhu serta Rektor Unhas terpilih Jamaluddin Jompa.

Baca Juga: IKA Unhas Siapkan 22500 Dosis Vaksin COVID-19 Gratis di Dua Kota

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya