Massa Pendukung Prabowo-Sandi Geruduk Kantor KPU Sulsel

Mereka menuntut paslon Jokowi-Ma’ruf didiskualifikasi

Makassar, IDN Times - Puluhan pendukung calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Sulawesi Selatan (Sulsel) berunjuk rasa di depan kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Kamis (2/5). 

Massa pendukung Prabowo-Sandi terdiri dari Front Pembela Islam (FPI) wilayah Sulsel, Relawan PAS 08, dan anggota Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Sulsel. 

Panglima PAS 08 Prabowo-Sandi,  Ryan Latif menyebutkan adanya indikasi kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan massif (TSM) dalam penyelenggaraan pemilu yang dianggap merugikan capres dukungannya. 

"Kecurangan ini sudah terstruktur. Pemilu ini bukan lagi pemilu yang jujur dan adil. Oknum yang melakukan kecurangan adalah penjahat demokrasi. Itu adalah tindakan makar terhadap bangsa dan negara," kata Ryan.

Baca Juga: Hampir Setengah Data C1 Masuk, Prabowo Unggul di Sulsel

1. Pendukung Prabowo menuntut pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin didiskualifikasi

Massa Pendukung Prabowo-Sandi Geruduk Kantor KPU SulselIDN Times/Abdurrahman

Caleg PAN Dapil 2 Aziz Qahhar Muzakkar yang ikut berorasi meminta KPU pusat mendiskualifikasi pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf), karena dinilai melakukan kecurangan menggunakan struktur pemerintahan dari Bupati hingga Kepala Desa, untuk mengarahkan warganya memilih Jokowi-Ma’ruf. 

“Bupati yang menggerakkan camat dan kepala desa adalah pelanggaran yang terstruktur, ini adalah pelanggaran pemilu, karena menggerakan struktur pemerintahan, sesuai peraturan yang ada pelaku kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan  massif (TSM), harus didiskualifikasi,” ujar mantan Anggota DPD RI dan juga mantan Calon Wagub Sulsel dalam Pilgub Sulsel 2018 lalu. 

2. Massa pendukung Prabowo-Sandi long march dari Masjid HM Asyik menuju kantor KPU Sulsel

Massa Pendukung Prabowo-Sandi Geruduk Kantor KPU SulselIDN Times/Abdurrahman

Massa pendukung Prabowo-Sandi di Sulsel yang melakukan Long March dari Masjid HM Asyik, yang berjarak sekitar 100 meter dari Kantor KPU Sulsel,  juga mengusung hasil Ijtima Ulama jilid III yang meminta BPN Prabowo-Sandi mengajukan keberatan melalui prosedur yang legal. Selain itu, juga meminta KPU dan Bawaslu membatalkan paslon Jokowi-Ma’ruf. 

“Kita berkumpul di sini karena merasa pasangan Prabowo-Sandi didzolimi secara terstruktur, sistematis, dan massif, kita menuntut pasangan nomor 1 didiskualifikasi,” pungkas Aziz yang juga putra tokoh DI/TII Qahhar Mudzakkar. 

3. Aksi pendukung Prabowo dikawal ketat aparat kepolisian

Massa Pendukung Prabowo-Sandi Geruduk Kantor KPU SulselIjtima Ulama 2

Aksi puluhan pendukung Prabowo-Sandi di depan kantor KPU Sulsel mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dari Direktorat Sabhara Polda Sulsel dan Polsek Panakukang. Akibat aksi unjuk rasa ini, arus lalu lintas di Jalan Pettarani makin macet.

Selain adanya unjuk rasa, penyempitan jalan juga terjadi akibat pengerjaan proyek Jalan Tol Layang di sepanjang Jalan Pettarani. Selain kemacetan di Jalan Pettarani, Jalan Boulevard, Jalan Pengayoman dan Jalan Hertasning juga terkena imbasnya. 

Baca Juga: 3 Kunci "Keberhasilan" Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya