Dua Pendaki yang Hilang di Gunung Bawakaraeng Ditemukan Selamat

Kedua pendaki hilang setelah terpisah dari rombongannya

Gowa, IDN Times - Dua pendaki Gunung Bawakaraeng, Fauzan Ananta (18) dan Tajudin Amin berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan selamat, Selasa pukul 12.00 Wita (30/4).

Kedua pendaki ini yang tergabung dari kelompok pendaki dari alumni MAN 2 Makassar sebelumnya terpisah dari 10 orang rekannya di Pos 8 pada Senin (29/04) saat hendak turun dari puncak Gunung Bawakaraeng.

Kepala Seksi Operasi Kantor Basarnas Makassar Basri mengatakan, di Pos 5 terdapat dua jalur yang kadang membuat pendaki bingung, yaitu jalur menuju Bulubalea dan menuju arah Lembanna. 

“Kedua korban dalam kondisi sehat dan sudah berkumpul bersama rekannya,” ujar Basri.

1. Dua pendaki yang hilang dilaporkan hilang saat turun dari puncak

Dua Pendaki yang Hilang di Gunung Bawakaraeng Ditemukan SelamatBasarnas Makassar

Fauzan dan Tajuddin dilaporkan hilang pada Senin malam (29/4), setelah terpisah dari rombongannya. Beberapa pendaki lainnya menginformasikan ke tim SAR posisi kedua pendaki berada di Pos 4. 

Tim SAR  yang mendapat informasi kemudian berangkat ke lokasi yang dimaksud untuk mengevakuasi dua pendaki yang hilang tersebut.

“Kemarin kita bagi dua SRU (SAR Unit), satu jalur Lembanna, satu lagi lewat Bulubalea,” tutur Basri.

Baca Juga: Dua Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Bawakaraeng

2. Kasus pendaki hilang di Gunung Bawakaraeng sering terjadi

Dua Pendaki yang Hilang di Gunung Bawakaraeng Ditemukan SelamatBasarnas Makassar

Kasus hilangnya Fauzan dan Tajuddin, merupakan kejadian yang ketiga pendaki hilang di Gunung Bawakaraeng. Kasus pertama, dua pendaki dilaporkan hilang, Nur Isma (18) dan Wahyudi Ihsan (17), 3 Januari lalu. Beruntung keduanya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, meskipun sempat mengalami Hypotermia. 

Sedangkan kasus yang kedua, Galih Andika (20), remaja asal Makassar, sejak dilaporkan hilang pada 10 Februari dan hingga kini belum ditemukan. Tim SAR Gabungan sudah mencari korban selama sepekan (11-17/2), namun hasilnya nihil. 

3. Gunung Bawakaraeng ramai dipadati pendaki di musim liburan

Dua Pendaki yang Hilang di Gunung Bawakaraeng Ditemukan SelamatBasarnas Makassar

Gunung Bawakaraeng yang memiliki ketinggian 2.830 meter dari permukaan laut (mdpl) yang berada di Kabupaten Gowa, adalah gunung yang paling sering didaki oleh beberapa komunitas pencinta alam di Makassar. Jarak dari Makassar menuju jalur pendakian Lembanna, di Kecamatan Tinggimoncong, berkisar 75 kilometer yang dapat ditempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. 

Biasanya, di hari-hari tertentu, seperti peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus, Gunung Bawakaraeng akan ramai dikunjungi pendaki dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, yang ingin mengibarkan bendera merah putih di atas puncak Bawakaraeng. 

Baca Juga: Kronologi Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng, Tim SAR Masih Mencari

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya