Dua Kubu Pendukung Capres di Makassar Gelar Nobar Debat 

Makin meriah nobar diiringi dangdutan

Makassar, IDN Times - Dua kubu pendukung calon presiden di Makassar masing-masing menggelar nonton bareng (nobar) Debat Calon Presiden (Capres) - Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang disiarkan beberapa stasiun televisi, Kamis (17/1) malam.

Pendukung Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) menggelar nonton bareng di kediaman pribadi Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto di jalan Amirullah. Sedangkan pendukung Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) menggelar nonton bareng di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi di jalan Andi Mappanyukki, Makassar.

1. Wali Kota Makassar tidak ikut nobar meski acara tersebut diadakan di rumahnya

Dua Kubu Pendukung Capres di Makassar Gelar Nobar Debat IDNtimes/Abdurrahman

Ratusan pendukung Jokowi-Ma’ruf menggunakan atribut khusus timnya, seperti baju kaos bergambar foto Jokowi-Ma’ruf, serta lambang-lambang partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf, seperti PDIP, Golkar, Nasdem, PPP, PSI dan Perindo.

Meskipun digelar di kediaman pribadinya, Wali Kota Ramdhan Pomanto tidak ikut bergabung menyaksikan jalannya debat bersama pendukung atau mendampingi para pengurus partai koalisi dan relawan Jokowi-Ma’ruf karena adanya larangan dari Menteri Dalam Negeri. 

2. Pimpinan partai pendukung Jokowi-Ma’ruf ikut nobar

Dua Kubu Pendukung Capres di Makassar Gelar Nobar Debat IDNTimes/Abdurrahman

Beberapa ketua dan pengurus partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf juga turut hadir dalam nobar Debat Capres tahap pertama, di antaranya Ketua DPW PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri, Ketua DPW PPP Sulsel Aras, Ketua DPW PSI Sulsel Fadli Noor, pengurus Nasdem Makassar Indira Mulyasari, dan tidak ketinggalan, Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma’ruf yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Syamsul Bachri. 

“Tahapan pertama debat ini sangat memuaskan, kita yakin putaran pertama kita unggul, kita lihat Jokowi paham masalah, memberi jawaban dan respon yang tepat dari pasangan nomor urut 02. Penampilan Pak Jokowi dukungan dari pendukung makin bertambah kuat, dan swing voter akan memilih Jokowi, poling dan survei juga kita akan unggul,” ujar Syamsul. 

Baca Juga: Banyak Diam dalam Debat Perdana, Ma'ruf Amin Tuai Komentar

3. Nobar diiringi dangdutan biduanita ibu kota

Dua Kubu Pendukung Capres di Makassar Gelar Nobar Debat IDNTimes/Abdurrahman

Panitia Nobar Debat Capres Jokowi-Ma’ruf–yang dipimpin politisi Golkar Makassar Wahab Tahir–mendatangkan khusus penyanyi dangdut dari Jakarta, Irma Darmawangsa untuk menghibur para pendukung Jokowi-Ma’ruf.

Irma membawakan beberapa lagu, seperti "Kamu Lagi Syantik" milik Siti Badriah, dan lagu "Ayo Kita Goyang Dua Jari" milik Sandrina, yang diubah menjadi lagu "Ayo Kita Pilih Jokowi". 

4. Pendukung Prabowo-Sandi nobar di Roemah Djoeang milik Ketua Gerindra Sulsel

Dua Kubu Pendukung Capres di Makassar Gelar Nobar Debat IDNTimes/Abdurrahman

Pendukung Prabowo-Sandi menggelar Nobar Debat Capres di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi yang merupakan gedung milik Ketua Gerindra Sulsel Idris Manggabarani. Nobar debat hanya diikuti puluhan orang yang didominasi pengurus dan caleg Gerindra. 

“Dikarenakan keterbatasan tempat di Bidakara, maka diinstruksikan pada pengurus Gerindra menggelar nobar di semua daerah, di Sulsel digelar di 24 kabupaten/kota, di Makassar digelar di tiga titik yaitu Kantor DPC Gerindra Makassar di jalan Nuri, kantor Gerindra Sulse di jalan Bawakaraeng dan Roemah Djoeang Prabowo-Sandi,” ujar Sawaluddin Arif, Ketua Tim Media Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi di Sulsel.

Baca Juga: Jadi Perhatian saat Debat Capres, Adu Gaya Bu Iriana Vs Bu Nur Asia!

Topik:

  • Anata Siregar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya