Comscore Tracker

Cegah Warga yang Mau Demo ke Jakarta, Polisi Awasi Bandara Hasanuddin

Warga Sulsel diminta tidak ikut-ikutan gerakan people power

Maros, IDN Times - Terkait aksi unjuk rasa massa yang menolak hasil Pemilu di Jakarta hari ini, Rabu (22/5), sejumlah petugas kepolisian disiagakan di sekitar Bandara Sultan Hasanuddin, di Kabupaten Maros. 

Kapolres Maros AKBP Yohannes Richard yang dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini proses penjagaan oleh anggota Polsek Bandara Sultan Hasanuddin di sekitar terminal keberangkatan dan kedatangan berlangsung normal. Pihaknya ikut memantau kemungkinan adanya warga Sulsel yang ingin berangkat ke Jakarta ikut berunjuk rasa menolak hasil Pemilu yang baru saja ditetapkan KPU. 

“Pengamanan di bandara masih seperti biasa, belum ada peningkatan signifikan, belum ada calon penumpang ke Jakarta yang kita amankan,” ujar Yohannes. 

1. Polda Sulsel kerahkan anjing pelacak di Bandara Sultan Hasanuddin

Cegah Warga yang Mau Demo ke Jakarta, Polisi Awasi Bandara HasanuddinPolres Gowa

Yohannes menyebutkan, pengamanan di sekitar bandara juga ikut dibantu anggota Sabhara Polda Sulsel yang disertai anjing pelacak K-9, guna memantau barang bawaan penumpang yang masuk ke terminal bandara.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani menyebutkan Polda Sulsel ikut menyiagakan 9 ekor anjing pelacak milik Satuan K-9 milik Direktorat Sabhara Polda Sulsel untuk pengamanan proses Pemilu. 

“Anjing K-9 di bandara bisa mengendus bahan peledak dan narkoba yang dibawa penumpang,” ujar Dicky. 

Baca Juga: Begini Kondisi Belasan Mobil di Kompleks Brimob yang Dibakar Massa 

2. Kapolda Sulsel imbau warga Sulsel tidak ikut terprovokasi aksi people power

Cegah Warga yang Mau Demo ke Jakarta, Polisi Awasi Bandara HasanuddinIDN Times/Abdurrahman

Sementara itu Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin meminta warga Sulsel, khususnya warga Makassar tidak cemas dengan isu people power dan ikut-ikutan ke Jakarta untuk ikut berunjuk rasa menolak hasil Pilpres. Hamidin juga berharap semua kelompok pendukung pasangan capres saling menahan diri dan sama-sama menjaga ketenteraman daerah. 

“Polri dan TNI solid menjaga keamanan di Sulsel, kami imbau masyarakat tidak terpancing, mari kita semua hormati hasil dari proses demokrasi yang sedang berjalan,” ujar Hamidin.

Baca Juga: Prabowo Gugat Hasil Pilpres ke MK, Ini Kata Jokowi

3. Polisi disiagakan di sejumlah obyek vital dan sarana publik di Makassar

Cegah Warga yang Mau Demo ke Jakarta, Polisi Awasi Bandara HasanuddinHumas Polda Sulsel

Terkait aksi kerusuhan di Jakarta, personel kepolisian menjaga ketat sejumlah kantor pemerintah, kantor KPU Sulsel, dan Kantor Bawaslu Sulsel di Jalan AP Pettarani. Selain itu, anggota Brimob Polda Sulsel juga disiagakan di beberapa lokasi yang kerap dijadikan tempat berunjuk rasa, seperti Monumen Mandala dan fly over Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. 

“Personel akan berjaga-jaga, mengawal aksi unjuk rasa jika ada hingga pukul 18.00 Wita, sesuai petunjuk Undang-Undang,” kata Dicky. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You