Wakil Ketua DPR Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Luwu Utara

Bantuan terus datang dari berbagai pihak

Makassar, IDN Times – Bantuan untuk masyarakat korban banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terus berdatangan. Salah satunya dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, yang menyalurkan bantuan kemanusiaan pada Rabu (22/7/2020).

Bantuan yang dikirim melalui tim sukarelawan di Makassar berupa barang-barang yang dibutuhkan oleh pengungsi korban banjir. Antara lain tandon air bersih, makanan kaleng, selimut, pembalut, dan lain-lain. Selain itu ada bantuan seribu masker, mengingat masih masa pandemik COVID-19.

“Ini merupakan tahap kedua. Untuk bantuan tahap pertama dan sudah sampai berupa obat-obatan, pakaian, serta makanan bagi pengungsi,” kata staf ahli Rachmat Gobel, Miksan Yapanto dilansir Antara, Rabu.

Baca Juga: Jokowi Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Luwu Utara

1. DPR bakal meninjau penanganan bencana

Wakil Ketua DPR Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Luwu UtaraKondisi pasca banjir di Masamba Luwu Utara, Kamis (16/7/2020). Humas Pemprov Sulsel

Miksan mengatakan, bantuan akan disalurkan kepada masyarakat melalui pemerintah kabupaten Luwu Utara. Sebab pemerintah daerah setempat dianggap yang paling tahu kebutuhan warga yang terdampak.

Tidak disebutkan berapa jumlah nominal yang disalurkan Rahmat Gobel, namun Miksan menyebut bantuan disalurkan secara berkesinambungan. Wakil Ketua DPR dari Fraksi NasDem itu juga diagendakan untuk mengawasi penangan bencana di Luwu Utara.

“Sekarang kan lagi sibuk. Nanti kalau sudah ada waktu, mereka akan turun langsung ke lokasi banjir,” ucap Miksan.

2. Bantuan tidak berhenti mengalir untuk warga Luwu Utara

Wakil Ketua DPR Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Luwu UtaraDok. IDN Times/Istimewa

Sejak banjir bandang melanda Luwu Utara pada Senin 13 Juli 2020, bantuan untuk warga terdampak terus berdatangan. Pemda setempat terus menerima bantuan dari berbagai pihak, baik pemerintah, BUMN, swasta, dan pihak lain.

Presiden Joko Widodo juga juga telah mengirimkan sepuluh ribu paket sembako serta 900 paket bantuan yang terdiri dari selimut, sarung, susu balita, handuk, dan popok balita. Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan terima kasih atas semua bantuan yang tak henti-hentinya berdatangan.

 “Kami yakin dan berpercaya bahwa di setiap bantuan terselip doa untuk masyarakat Luwu Utara untuk tetap kuat dalam menjalani ujian ini dengan baik. Insya Allah, Luwu Utara tetap kuat dan akan kembali bangkit, sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali pulih,” ucap Indah.

3. Sebanyak 14 ribu warga Lutra masih mengungsi

Wakil Ketua DPR Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Luwu UtaraDok. Pemkab Luwu Utara

Per Rabu, jumlah korban meninggal akibat banjir bandang di Luwu Utara mencapai 38 orang. Sepuluh orang masih dinyatakan hilang, saat pemerintah daerah setempat terus mengupayakan penanganan darurat.

BPBD Luwu Utara mencatat 106 orang luka-luka akibat bencana tersebut. Sebanyak 14.483 orang masih mengungsi di tiga kecamatan, yakni Sa’bang, Baebunta, dan Masamba. Warga setempat diminta selalu waspada dan siaga karena masih ada potensi gerakan tanah dan banjir bandang susulan.

Baca Juga: Walhi: Banjir di Luwu Utara karena Pembalakan Hutan Berskala Besar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya