Vaksinasi Door to Door di Makassar Sasar Lansia

Capaian vaksinasi di Makassar sudah mencapai 75 persen

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menargetkan kelompok masyarakat lanjut usia sebagai sasaran untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di daerahnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyebut selama ini capaian vaksinasi di daerahnya didominasi kelompok usia produktif, yakni 18-59 tahun.

"Kalau capaian vaksinasi di Makassar itu sudah 75 persen dan itu semua adalah usia produktif," kata Danny dikutip dari Antara, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Warga Pulau Barrang Caddi Makassar Menjerit Tiga Bulan Tanpa Listrik

1. Capaian vaksinasi bagi lansia masih minim

Vaksinasi Door to Door di Makassar Sasar LansiaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times / Aan Pranata

Danny mengungkapkan, capaian vaksinasi masih memungkinkan untuk terus meningkat. Pihaknya mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan angka tersebut.

Menurut dia, salah satu kalangan masyarakat yang masih minim capaian vaksinasinya adalah kaum lanjut usia. Sehingga pihaknya bertekad untuk meningkatkan capaian tersebut dengan mengerahkan tim juru vaksin mendatangi rumah-rumah warga yang akan diberikan suntikan vaksin.

"Datanya lengkap, kita akan datangi rumah warga satu per satu. Kita door to door, edukasi warga, khususnya lansia ini, agar mau divaksinasi" katanya.

2. Tim juru vaksin utamakan protokol kesehatan

Vaksinasi Door to Door di Makassar Sasar LansiaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Danny Pomanto mengatakan, meskipun tim vaksinasi akan mendatangi rumah-rumah warga, mereka memastikan protokol kesehatan akan dijalankan.

"Protokol kesehatan pasti itu. Jangan sampai ada kesan kita bawa virusnya, tidak begitu. Protokol kesehatan yang utama," ucapnya.

3. Baru 36 persen lebih lansia disuntik vaksin

Vaksinasi Door to Door di Makassar Sasar LansiaIlustrasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Berdasarkan data dari vaksin.kemkes.go.id yang diakses pada Senin (15/11/2021), vaksinasi lansia di Kota Makassar baru 36,55 persen dosis pertama dan 29,18 persen dosis kedua. Angka ini memang masih terbilang rendah.

Namun capaian vaksinasi Kota Makassar secara keseluruhan cukup tinggi, bahkan tertinggi di Sulsel. Vaksinasi di Kota Makassar telah mencapai 75,67 persen dosis pertama dan 52,23 persen untuk dosis kedua.

Baca Juga: Kontainer Makassar Recover Dimanfaatkan Jadi Posko Siaga Bencana

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya