Tim Patroli Polda Sulsel Pantau Rumah Ditinggal Mudik

Polisi mendata rumah-rumah yang ditinggal keadaan kosong

Makassar, IDN Times - Satuan Samapta Presisi Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menurunkan tim patroli jelang momen lebaran Idulfitri 1443 Hijriah. Tim bertugas memantau rumah-rumah warga yang ditinggal mudik pemiliknya ke kampung halaman.

Tim patroli itu akan mengecek rumah-rumah warga di Kota Makassar selama masa Operasi Ketupat.

"Tim Samapta melaksanakan kegiatan patroli ke rumah-rumah penduduk yang ditinggal mudik oleh masyarakat dengan cara menyambanginya," kata Kanit 1 Turjawali Samapta Polda Sulsel Inspektur Satu Aspada dikutip dari Antara, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga: Ngeri, Cincin Ibu Ini Tersangkut di Jari Hingga Tulang Patah

1. Polisi data rumah-rumah yang ditinggal kosong pemiliknya

Tim Patroli Polda Sulsel Pantau Rumah Ditinggal MudikIlustrasi Perumahan. IDN Times/Arief Rahmat

Aspada mengatakan, tim khusus diturunkan secara bergiliran ke rumah-rumah yang ditinggal penghuninya untuk mudik. Tim juga memantau kegiatan masyarakat demi mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Patroli tersebut, kata dia, juga mengutamakan tindakan persuasif serta tetap berkoordinasi dengan satuan pengamanan (satpam) di sejumlah perumahan sesuai standar prosedur yang ada pada sistem manajemen pengamanan.

"Jadi, kita di posko stand by, setelah menerima informasi adanya rumah kosong ditinggal mudik, kita melaksanakan patroli sambang ke pemukiman tersebut dengan berkoordinasi satpam guna memastikan keamanan serta situasi kondisinya, mana saja rumah ditinggal mudik," ucap Aspada.

2. Polisi bersenjata lengkap berpatroli dengan sepeda motor

Tim Patroli Polda Sulsel Pantau Rumah Ditinggal MudikIlustrasi patroli polisi. (Dok Humas Polres Kebumen)

Aspada mengatakan, tim patroli khusus tersebut diturunkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta menjadi bagian rutinitas kepolisian dalam meningkatkan keamanan

Sementara itu, pada puncak malam lebaran nanti, kata Aspada, ada dua tim patroli di turunkan berpatroli. Satu tim beranggotakan 12 personil bersenjata lengkap dan menggunakan sepeda motor.

"Tidak ada anggota yang libur saat puncak malam lebaran nanti. Dua tim diturunkan sebanyak 24 personel, tugasnya jelas mengamankan situasi dan kamtibmas demi memberi rasa aman kepada warga," ucapnya.

3. Masyarakat diminta waspadai pencurian

Tim Patroli Polda Sulsel Pantau Rumah Ditinggal MudikIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Polrestabes Makassar mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi kejahatan yang bisa muncul pada hari-hari jelang lebaran. Terutama bagi pemudik yang meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong.

Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar AKP Lando K Sambolangi mengatakan, potensi kejahatan selalu ada. Namun kepolisian selalu berupaya menjamin keamanan wilayahnya.

"Kita lihat selama ini karena ada beberapa kasus kejahatan yang menonjol menjelang hari lebaran terutama kasus pencurian," kata Lando kepada IDN Times, Jumat (29/4/2022).

Lando mengungkapkan, Polrestabes Makassar mengantisipasi kasus-kasus kejahatan dengan menggelar patroli keamanan lebih gencar. Personel polisi juga disebar di berbagai lokasi, termasuk di kawasan pemukiman yang rumahnya ditinggal pemilik mudik.

"Kita sudah melakukan antisiapsi dengan melaksanakan patroli rutin dan menempatkan personel di tempat-tempat yang dinilai rawan gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," ujar Lando.

Baca Juga: 5 Tips agar Rumah Gak jadi Sasaran Kejahatan saat Mudik Lebaran

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya