Sulsel Nebeng Promosi Destinasi Wisata di MotoGP Mandalika

Sebaliknya, Sulsel ikut mempromosikan ajang MotoGP Mandalika

Makassar, IDN Times - Destinasi wisata Sulawesi Selatan akan turut dipromosikan pada ajang balap motor MotoGP yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Maret 2022 mendatang.

Itu merupakan bagian dari kesepakatan antara Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). sebaliknya, Sulsel akan mempromosikan ajang MotoGP Mandalika.

BPPD Sulsel dan ITDC menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Sirkuit Mandalika, Selasa, 11 Januari 2022. MoU disaksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Plt Gubernur Sulsel Andi  Sudirman Sulaiman.

“Ruang lingkup kerjasama ini terkait destinasi wisata Sulsel di Mandalika dan kita di Sulsel mempromosikan MotoGP,” kata Ketua BPPD Sulsel, Andry Arief Bulu, dalam keterangan persnya, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Sandiaga: Penonton MotoGP Mandalika sampai 100 Ribu Orang

1. Diawali pembukaan direct flight Makassar-Lombok

Sulsel Nebeng Promosi Destinasi Wisata di MotoGP MandalikaPenandatanganan MoU terkait promosi ajang MotoGP Mandalika. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Menurut kesepahaman tersebut, langkah selanjutnya adalah membuka penerbangan langsung (direct flight) Makassar-Lombok. Serta akomodasi termasuk perhotelan untuk mengakomodir tim MotoGP, wisatawan atau penonton yang ingin berwisata ke Sulsel, baik pra atau pasca pelaksanaan event internasional tersebut.

“Karena animo masyarakat menonton MotoGP sudah mencapai 100 ribu orang dan merupakan jumlah yang besar untuk ditampung di Lombok. Jadi akan sampai ke Bali dan Mataram serta daerah terdekat di luar Jawa-Bali, itu di Sulsel,” ungkap Andry.

2. Pengembangan kawasan Mandalika butuh dukungan daerah lain

Sulsel Nebeng Promosi Destinasi Wisata di MotoGP MandalikaPemandangan Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit/dok. Humas ITDC

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, menyebutkan, pengembangan kawasan Mandalika harus melibatkan berbagai pihak. Termasuk Provinsi Sulsel.

“Kami yakin bahwa mengembangkan Mandalika tidak bisa sendiri. Sehingga kami sangat welcome dan terbuka untuk betul-betul bekerjasama joint promotion. Jadi orang Lombok bisa ke Makassar dan sebaliknya orang Makassar bisa ke Lombok,” katanya.

“Kami yakin fan base motoGP banyak juga di Makassar,” dia menambahkan.

Ia meyakini, MoU tersebut sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti rencana yang disepakati, serta upaya pengembangan pariwisata di Sulsel dengan potensi yang dimilikinya. Seperti yang diharapkan oleh Menparekraf agar ITDC juga dapat mengembangkan pariwisata di Sulsel. Berdampak pada pertumbuhan ekonomi, dan membuka lapangan pekerjaan.

3. Ajang MotoGP jadi pemikat wisatawan

Sulsel Nebeng Promosi Destinasi Wisata di MotoGP MandalikaPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Instagram.com/andisudirman.sulaiman

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyambut baik pelaksanaan MotoGP Mandalika sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional. Sulsel sebagai pintu gerbang Indonesia timur harus ikut mengambil bagian dalam penyelenggaraan event ini, karena dapat menjadi salah satu pemikat bagi wisatawan mancanegara dan Nusantara.

“Kami Sulsel harus meminta arahan nasional termasuk kepada Kementerian Pariwisata, tentu kepada ITDC tentang apa kontribusi yang dapat kami lakukan untuk ambil bagian dalam peningkatan dan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga: Laris Manis, Tiket VIP MotoGP Mandalika Ludes Terjual dalam Sehari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya