Comscore Tracker

Sulsel Berencana Hadirkan Layanan Rumah Sakit Terapung

Ditujukan terutama bagi masyarakat kepulauan

Makassar, IDN Times - Pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan rencana Pemerintah Provinsi mengadakan kapal modifikasi untuk layanan rumah sakit terapung.

Sudirman mengatakan, pengadaannya direncanakan dengan menggandeng PT Industri Kapal Indonesia (IKI) pada tahun 2022. Menurut dia, akan lebih dulu dirumuskan soal mekanisme operasionalnya.

"Direncanakan tahun depan. Kita butuh kemarin itu, perencanaan operasional dulu baru kemudian pembangunannya," kata Andi Sudirman dikutip dari Antara, Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: Capaian Vaksinasi COVID di Sulsel Baru 25 Persen, Jeneponto Terendah

1. Ditujukan untuk masyarakat kepulauan

Sulsel Berencana Hadirkan Layanan Rumah Sakit TerapungPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Instagram.com/andisudirman.sulaiman

Sudirman mengatakan, pembangunan kapal terapung sebenarnya mudah. Yang sulit adalah pengoperasiannya.

Rumah sakit terapung akan ditujukan khususnya bagi masyarakat yang bermukim di wilayah kepulauan.

2. Ada 200 pulau berpenghuni di Sulsel

Sulsel Berencana Hadirkan Layanan Rumah Sakit TerapungPeluncuran pulau sadar pemilu di Pulau Barrang Caddi, Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Sudirman menyebut pengadaan kapal RS terapung sangat penting. Sebab sebagian warga Sulsel berdomisili di daerah kepulauan.

"Sangat penting mengingat sebagian warga Sulsel berada di pulau-pulau kecil yang tersebar di 200 pulau berpenghuni," katanya.

3. RS terapung bisa bantu persalinan warga

Sulsel Berencana Hadirkan Layanan Rumah Sakit TerapungIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Arief Rahmat

Kapal RS terapung tersebut, lanjut dia, utamanya dapat digunakan untuk membantu persalinan dan penanganan sakit yang bersifat darurat atau emergensi.

Dia menambahkan, layanan kapal RS itu juga akan disiapkan tenaga dokter spesialis, untuk membantu proses persalinan yang tidak normal bisa hanya sekitar 30 menit.

Baca Juga: Vaksinasi Bukan Syarat Utama Siswa di Sulsel Boleh Belajar Tatap Muka

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya