Sudirman: HUT ke-76 RI Momen Gotong Royong Hadapi Pandemik

Persatuan dan kerja sama bisa jadi jalan keluar

Makassar, IDN Times - Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjadi inspektur upcara pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di pelataran Rumah Jabatan Gubernur, di Makassar, Selasa (17/8/2021).

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini mengangkat tema ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’. Pada upacara di Rujab Gubernur, bertindak sebagai Komandan Upacara Pabandya Ops Komlek Koops AU II Letkol LEL Dwi Teddy Y.T.S, lulusan Akademi Militer 2002.

Baca Juga: PUPR Rampungkan Pembangunan 4 Bendungan, Satu di Sulsel

1. Butuh persatuan dan kerja sama untuk keluar dari pandemik

Sudirman: HUT ke-76 RI Momen Gotong Royong Hadapi PandemikIlustrasi Rumah sakit rujukan COVID-19. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Tahun ini peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia masih diperingati di tengah pandemi Covid-19. Plt Gubernur Sudirman menyampaikan bahwa persatuan dan kerjasama menjadi jalan keluar dari situasi ini.

“Di momentum tujuh belasan ini, kita tentu dengan 76 tahun Indonesia merdeka. Ini kita kembali diuji bagaimana persatuan kita dan gotong royong kita bersama untuk tetap selalu sabar menghadapi pandemi Covid-19 ini,” kata Sudirman.

2. Protokol kesehatan harus terus dijaga

Sudirman: HUT ke-76 RI Momen Gotong Royong Hadapi PandemikSeorang anak lelaki Muslim memakai masker pelindung meninggalkan Mesjid Agung setelah salat Idul Adha saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di kota tua Delhi, India, Sabtu (1/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi)

Sudirman menyampaikan bahwa upaya bahu-membahu dan bergotong royong bersama bisa dilaksanakan berbagai pihak. Baik itu pemerintah bersama, swasta, dan masyarakat.

Ia menyebutkan, pandemi Covid-19 masih dialami di Indonesia termasuk di Sulsel. Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Ditunjang dengan masyarakat melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan imun serta kesehatan.

“Kita selalu berdoa, mudah-mudahan kita dapat keluar dari masa-masa sulit ini,” ucapnya.

3. Pemprov luncurkan mobil vaksinator

Sudirman: HUT ke-76 RI Momen Gotong Royong Hadapi Pandemikilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Formasi Paskibra pada pengibaran bendera kali ini terdiri dari kelompok 17 dan 8. Adapun pembawa peti Nurul Salzabila Ghazali (SMAN 21 Makassar) dan pembawa baki Veby Novelia Putri (SMAN 2 Palopo).

Sedangkan penggerek bendera Muhammad Rizal HS (SMAN 5 Gowa), komandan kelompok (dampo) Ahmad Sabikun Uman (SMAN 3 Bone) dan pembentang Zul Muhalik Ramadhan (SMAN 5 Makassar). Mereka menjalani pendidikan dan pelatihan Paskibraka Sulsel 2021 dari tanggal 1 hingga 19 Agustus 2021.

Pada kesempatan ini juga melakukan launching sembilan bus mobile vaksinator dan sembilan ambulance vaksinator keliling, pemberian penghargaan pada tokoh Covid-19, dan pemberian bingkisan pada veteran.

Baca Juga: Para Pejuang Perempuan Sulsel di Garis Depan Medan Tempur

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya