Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Berdaya lewat Kesenian

Relawan Srikandi gencar menggalang dukungan perempuan

Makassar, IDN Times - Kelompok perempuan relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan menggelar ajang kesenian bertajuk Srikandi Creative Competition. Ajang kompetisi kesenian itu digelar di Misi Depo Bangunan, Kabupaten Gowa, Sabtu (26/11/2022).

Pada kegiatan itu, Srikandi Ganjar Sulsel menggelar dua jenis lomba dengan peserta perempuan. Masing-masing lomba bernyanyi dan kompetisi desain ilustrator busana alias fashion illustration.

"Kami ingin sekali menyalurkan kreativitas perempuan Sulsel untuk terus aktif berkarya," kata Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulsel Nurul Awainah, lewat keterangan persnya, Sabtu.

Baca Juga: Musra II Relawan Jokowi di Makassar Jagokan Ganjar Pranowo Capres 2024

1. Upaya pemberdayaan perempuan di kalangan relawan

Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Berdaya lewat KesenianSrikandi Creative Competition yang digelar kelompok relawan Srikandi Ganjar Sulsel. (Dok. Istimewa)

Kompetisi yang digelar relawan sekaligus jadi ajang penggalangan dukungan bagi Ganjar Pranowo menuju Pemilihan Presiden 2024. Lomba diikuti peserta perempuan dengan usia antara 17 hingga 35 tahun. Sebagian di antara mereka berstatus pelajar dan mahasiswa.

Kata Nurul, kegiatan tersebut bertujuan memberikan dukungan terhadap isu pemberdayaan perempuan serta mengajak perempuan terus berkarya. Pihaknya juga ingin memperluas dukungan dari kalangan perempuan muda untuk Ganjar.

"Sebagai relawan tujuan kita tentu meneruskan apa yang sudah disampaikan oleh Pak Ganjar tentang visi dan misi dalam program yang digagasnya, khususnya program yang erat dengan perempuan," ujar Nurul.

2. Ganjar dianggap pemimpin peduli perempuan

Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Berdaya lewat KesenianGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Nurul mengatakan, Ganjar Pranowo dikenal sebagai pemimpin yang peduli perempuan. Ganjar disebut kerap menyuarakan keseteraan gender serta memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan untuk berdaya.

Nurul menyinggung sejumlah capiaan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selama masa jabatan Ganjar sebagai Gubernur. Jateng beberapa kali meraih penghargaan pemberdayaan perempuan, di antaranya Anugerah Parahita Ekapraya (APE), penghargaan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dalam upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender.

"Ya, tentu penghargaan tersebut jadi salah satu contoh dan bukti nyata kerja Pak Ganjar. Sebetulnya masih banyak lagi program inovatif dan penghargaan yang diraih beliau. Ini jadi modal baik untuk Pilpres 2024," Nurul melanjutkan.

3. Relawan janjikan suara perempuan Sulsel jika Ganjar nyapres

Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Berdaya lewat KesenianIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Nurul mengatakan, kelompok relawannya terus berupaya menggalang dukungan lewat berbagai kegiatan. Jika Ganjar jadi capres di 2024, dia optimistis Sulsel jadi salah satu penyumbang suara terbanyak, khususnya kalangan perempuan.

"Lebih dari 80 persen, kita optimis Pak Ganjar akan meraih dukungan dari perempuan Sulsel," kata Nurul.

Baca Juga: Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus Tanaman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya