Siang Ini Yusran Yusuf Dilantik Jadi Pj Wali Kota Makassar

Masa jabatan Iqbal Suhaeb berakhir per hari ini

Makassar, IDN Times – Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbanda) Sulawesi Selatan Yusran Yusuf akan diambil sumpahnya sebagai Pj Wali Kota Makassar, hari ini, Rabu (13/5).

Yusran akan menggantikan Iqbal Suhaeb, yang mengakhiri masa jabatannya selama satu tahun, sejak dilantik pada 13 Mei 2019. Menurut salinan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.73-779 Tahun 2020, Yusran diberi masa jabatan selama satu tahun.

“Selama menjalankan tugas sebagai Penjabat Wali Kota, yang bersangkutan harus tetap menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama,” bunyi keputusan yang ditetapkan Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, tanggal 11 Mei 2020.

Baca Juga: Masa Jabatan Iqbal Suhaeb sebagai Pj Wali Kota Makassar Berakhir Besok

1. Gubernur dijadwalkan melantik Yusran di Balai Kota Makassar

Siang Ini Yusran Yusuf Dilantik Jadi Pj Wali Kota MakassarIndpolace/Zakila

Dikutip dari Antara, Yusran Yusuf mengonfirmasi soal penunjukan dirinya sebagai Pj Wali Kota Makassar. Dia menyatakan sudah menerima surat dari Kemendagri melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah soal pergantian jabatan.

"Iya, SK sudah saya terima. Pelantikan rencana jam satu siang di kantor Balai Kota Makassar," katanya.

Menurut agenda Pemerintah Kota Makassar, pelantikan dan serah terima jabatan penjabat wali kota akan digelar di Ruang Rapat Sipakatau, di Balai Kota Makassar, pukul 13.00 Wita. Pelantikan dilaksanakan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di tengah pandemik COVID-19.

2. Iqbal sampaikan ucapan perpisahan

Siang Ini Yusran Yusuf Dilantik Jadi Pj Wali Kota MakassarPenjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. IDN Times/Pemkot Makassar

Iqbal Suhaeb juga memastikan masa jabatannya berakhir per hari ini. Dia menuntaskan pekerjaannya sebagai Pj Wali Kota dengan masa satu tahun.

"Alhamdulillah, mulai besok genap setahun saya menjadi Pejabat Wali Kota Makassar. Sesuai SK berakhir tanggal 13 Mei 2020. Terima kasih atas semua dukungannya saudaraku semua," kata Iqbal kepada wartawan di Makassar, Sealsa (12/5).

Iqbal menjadi Pj Wali Kota Makassar karena Pemilihan Kepala Daerah Kota Makassar tahun 2018 berakhir tanpa pemenang. Pilkada diulang ke tahun 2020.

Iqbal mengisi kekosongan di pucuk pimpinan Pemkot Makassar, setelah berakhirnya masa jabatan Wali Kota Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Syamsu Rizal pada Mei 2019.

3. Yusran Yusuf bergelar profesor dan satu almamater dengan Nurdin Abdullah

Siang Ini Yusran Yusuf Dilantik Jadi Pj Wali Kota MakassarGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Istimewa

Yusran Yusuf yang ditunjuk sebagai Pj Wali Kota Makassar merupakan guru besar di Universitas Hasanuddin, yang pernah menjabat Dekan Fakultas Kehutanan. Pria kelahiran Maros, 6 Desember 1989 meraih gelar sarjana dari Fakultas Pertanian Unhas di tahun 1994 dan gelar doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2005.

Yusran saat ini masih menjabat Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbanda) Sulsel. Dia sekaligus memimpin Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Baca Juga: Iqbal Klaim PSBB Makassar Tekan Jumlah Kasus COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya