Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Dua Pendaki Ditemukan Selamat

Mereka melewati pergantian tahun di puncak gunung

Makassar, IDN Times - Dua pendaki dilaporkan tersesat usai melewatkan pergantian tahun di Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan. Setelah pencarian selama satu hari, tim SAR gabungan menemukan mereka dalam kondisi selamat, Rabu (2/1/2019).

Dua orang yang ditemukan itu masing-masing bernama Nur Isma Wahyuni (18) dan Wahyudi Al Ihsan (17). Nur Isma merupakan mahasiswa asal Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Sedangkan Wahyudi adalah pelajar dari Bulukumba. Mereka dilaporkan hilang saat menempuh perjalanan turun dari puncak gunung menuju desa Lembanna, kabupaten Tinggi Moncong, Gowa.

"Korban ditemukan selamat di antara pos 5 dan 6 jalur pendakian Gunung Bawakaraeng. Sekarang sudah berada di posko Bulu Ballea, Gowa," kata Humas Kantor SAR Makassar Hamsidar.

1. Rombongan beranggotakan sembilan pendaki

Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Dua Pendaki Ditemukan SelamatIDN Times/Istimewa

Hamsidar mengatakan, laporan awal soal pendaki tersesat didapatkan dari pendaki lain yang baru turun dari gunung Bawakaraeng. Isma dan Wahyudi, disebut mendaki sejak 30 Desember 2018. Mereka berangkat dalam rombongan beranggotakan sembilan orang.

Rombongan ini, kata Hamsidar, melewati malam pergantian tahun di Bawakaraeng. Saat turun dari puncak, rombongan ini terpisah sehingga dua orang diantaranya dilaporkan tersesat. Selain itu, dua orang lain dalam rombongan mengalami hipotermia, dan dijaga oleh dua rekannya di pos 5.

"Tiga orang rekannya turun ke Lembanna untuk mencari pertolongan," ujar Hamsidar.

2. Pencarian sudah dilakukan sejak Senin petang

Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Dua Pendaki Ditemukan SelamatIDN Times / Istimewa

Tim SAR gabungan mencari dua pendaki tersesat sejak Senin (1/1) petang. Kantor SAR Makassar membagi tim pencari dalam dua regu. Satu regu diturunkan untuk menyisir jalur antara pos 5 hingga pos 6. Sedangkan regu lainnya diarahkan mengevakuasi pendaki yang hipoterma.

Dalam pencarian, petugas SAR dibantu sejumlah unsur, seperti personel TNI dan Polri, SAR kampus, serta masyarakat sekitar Bawakaraeng. Tim akhirnya menemukan dua orang pendaki di sekitar jalur pendakian.

Baca Juga: Catat, Ini Daftar Gunung yang Pendakiannya Ditutup di Tahun 2019!

3. Semua pendaki selamat

Sempat Tersesat di Gunung Bawakaraeng, Dua Pendaki Ditemukan SelamatIDN Times / Istimewa

Hamsidar menyatakan pendaki yang tersesat ditemukan dalam kondisi selamat. Demikian juga rekan-rekan mereka dalam satu rombongan, termasuk dua orang yang sempat mengalami hipotermia.

"Yang hipotermia (kondisinya) sudah mendingan. Mereka bisa berjalan sendiri," ujar Hamsidar.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Malino, Sulawesi Selatan yang Bikin Kamu Betah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya