Comscore Tracker

Rusdi Masse Naik Kelas ke Pusat, Siapa Pimpin NasDem Sulsel?

Pejabat ketua DPW ditunjuk langsung oleh Surya Paloh

Makassar, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse ditunjuk mengisi kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) periode 2019-2024. Ketua Umum NasDem Surya Paloh memilih dia sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan.

Rusdi Masse dilantik sebagai pengurus DPP pada Kongres II Partai NasDem di Jakarta, 11 November 2019 lalu. Dia juga tercatat sebagai legislator wakil Sulsel di DPR RI.

Lalu, bagaimana dengan jabatan ketua DPW NasDem Sulsel? Sekretaris DPW Syaharuddin Alrif memastikan jabatan itu tidak kosong. Sejauh ini juga belum ada pergantian pejabat.

“Rusdi Masse masih merangkap, sembari menunggu petunjuk DPP selanjutnya. Tapi untuk jabatan yang sama, ada yang sebelumnya juga merangkap. Jadi tidak masalah,” kata Syaharuddin di Makassar, Kamis (14/11).

1. Masa jabatan ketua DPW NasDem tidak terbatas

Rusdi Masse Naik Kelas ke Pusat, Siapa Pimpin NasDem Sulsel?IDN Times/Indiana Malia

Syaharuddin menjelaskan, penentuan ketua DPW di NasDem berbeda dengan umumnya partai lain. Ketua di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota ditunjuk langsung oleh ketua umum partai. Selain itu, ketua DPW atau DPD tidak punya masa jabatan.

Di Sulsel, Rusdi Masse menjabat sebagai ketua DPW sejak Agustus 2016. Rusdi merupakan eks Bupati Sidrap dua periode. Di tangannya, NasDem berhasil menempati urutan kedua perolehan suara di Sulsel pada Pemilu 2019.

“Masa jabatan, tidak ada. Dan NasDem ini beda dari partai lain. Jadi sesuai kebutuhan,” ucap Syahar.

2. Syahar mengaku tidak mengejar jabatan ketua

Rusdi Masse Naik Kelas ke Pusat, Siapa Pimpin NasDem Sulsel?IDN Times/Aan Pranata

Ditanyai wartawan soal peluangnya jadi ketua DPW menggantikan Rusdi Masse, Syahar enggan berkomentar banyak. Dia menyatakan tidak pernah mengejar jabatan selama berkiprah di NasDem.

Syahar merupakan salah satu tokoh penting di NasDem Sulsel. Saat ini dia dipercaya oleh partai menjadi wakil ketua DPRD Sulsel.

“Kalau memang amanah, Insya Allah akan datang sendiri. Tanpa masuk pengurus pun, saya tetap ber-NasDem. Kami ini tidak pernah pikir-pikir, atau mengurus-urus jabatan,” dia menerangkan.

Baca Juga: NasDem Raih Kursi Ketua, Ini Nama 50 Caleg DPRD Makassar Terpilih

3. Lima tokoh Sulsel masuk jajaran pengurus DPP NasDem

Rusdi Masse Naik Kelas ke Pusat, Siapa Pimpin NasDem Sulsel?(Kongres ke-8 Partai Nasdem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Pada Kongres II Partai NasDem, Surya Paloh mengumumkan dan melantik pengurus DPP. Dalam daftar pengurus, terdapat setidaknya empat tokoh asal Sulsel selain Rusdi Masse. 

Mereka yang masuk daftar pengurus DPP NasDem, antara lain Syahrul Yasin Limpo yang kini menjabat menteri pertanian di kabinet Presiden Joko Widodo. Dia menempati posisi wakil ketua dewan pakar NasDem.

Ada pula Lutfi Andi Mutty, mantan legislator DPR RI yang diberi amanah jadi ketua DPP bidang eksekutif. Lalu Andri Alimudin, tokoh Luwu Raya, jadi ketua bidang penggalangan dan penggerak komunitas. Yang terakhir, istri Rusdi Masse, yakni Fatmawati, yang tetap dipercaya jadi wakil bendahara.

Baca Juga: Kongres II, NasDem Sulsel Dukung Penuh Surya Paloh

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You