Relawan Ganjar Galang Dukungan lewat Festival Nelayan di Selayar

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel gencar berkeliling daerah

Makassar, IDN Times - Relawan Ganjar Pranowo yang bergabung di Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan terus berkeliling daerah menggalang dukungan. Mereka berharap masyarakat turut mendukung Ganjar mencalonkan diri pada Pemilihan Preside 2024.

Penggalangan dukungan antara lain ditunjukkan lewat Festival Nelayan Selayar, yang digelar di Dermaga Padang, Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kamis (17/11/2022). Kegiatan diramaikan nelayan dan masyarakat pesisir dari berbagai daerah di Selayar.

Festival Nelayan Selayar diisi dengan serangkaian kegiatan, dari aksi sosial bersih-bersih pantai hingga penampilan musik dan membakar ikan. Di sela kegiatan, para peserta mendeklarasikan dukungan bagi Ganjar Pranowo.

"Alhamdulillah, mereka sangat antusias terutama saat melakukan deklarasi untuk mendukung Bapak Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. Nelayan di pesisir Kabupaten Kepulauan Selayar ini yakin bahwa Bapak Ganjar adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia ke depan," kata Bendahara Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel, Firmansyah Putra, lewat keterangannya kepada wartawan, Kamis.

Baca Juga: Taka Bonerate, Taman Bawah Laut Selayar yang Bikin Cinta Indonesia

1. Nelayan mengeluhkan tingginya harga solar

Relawan Ganjar Galang Dukungan lewat Festival Nelayan di SelayarIlustrasi nelayan (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Firman mengatakan, selain mengumpulkan dukungan, relawan juga menampung aspirasi para nelayan di Selayar.  Salah satunya soal keluhan tingginya harga solar mencapai Rp25 ribu. 

Nelayan, kata Firman, butuh pemimpin yang mampu mengatasi berbagai permasalah masyarakat, termasuk nelayan. Ganjar yang punya pengalaman memimpin Jawa Tengah dianggap sebagai salah satu figur yang punya kapasitas itu. Selama jadi Gubernur Jateng, Ganjar punya sejumlah program kesejahteraan nelayan, dari asuransi hingga subsidi bahan bakar.

"Beliau langsung berkoodinasi dengan Pertamina dan BPH Migas agar alokasi solar untuk nelayan ditambah. Apalagi, Pak Ganjar sigap memperbaiki sistem pendataan surat rekomendasi nelayan, agar data kebutuhan solar bisa dihitung secara akurat dan tepat sasaran," kata Firman.

2. Program asuransi nelayan dianggap penting

Relawan Ganjar Galang Dukungan lewat Festival Nelayan di SelayarIlustrasi hasil tangkap nelayan. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Firman mengatakan, Ganjar terbukti berpihak kepada nelayan. Salah satu buktinya adalah pengalokasian bantuan Rp60 miliar kepada masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM bersubsidi. Dari bantuan itu, sebanyak 14.375 orang nelayan di Jateng mendapatkan bantuan dengan nilai total Rp 4,74 miliar.

Nelayan, kata dia, juga tertarik dengan program asuransi nelayan yang digagas Ganjar di Jateng. Sejak tahun 2016 hingga 2022, Ganjar disebut mengupayakan 151 ribu nelayan Jateng terjangkau asuransi nelayan dan serta Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Pak Ganjar mampu memberikan rasa aman bagi nelayan. Harapan kami, semua nelayan bisa merasakan kepedulian-kepedulian Pak Ganjar bila menjadi Presiden," kata Firman.

3. Nelayan Selayar ingin dibantu jadi mandiri

Relawan Ganjar Galang Dukungan lewat Festival Nelayan di SelayarFoto hanya ilustrasi. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Tokoh masyarakat nelayan Bontosunggu, Andi Mulawansah yang ikut pada kegiatan Festival Nelayan Selayar mengatakan, masyarakat pesisir umumnya berharap pemerintah membantunya agar bisa sejahtera dan mandiri. Dia mengungkapkan kondisi di mana banyak nelayan yang terpaksa berhenti melaut, terlebih karena  tingginya harga solar.

"Sementara kami di Selayar ini belum merasakan bagaimana mandiri. Semoga, Pak Ganjar menjadi presiden dan tetap mendorong program-program nelayan agar bagus kehidupan kami," kata Andi.

Baca Juga: Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus Tanaman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya