Ramai Sorotan Razia Kondom di Makassar, Corbuzier: Luar Biasa!

Dokter Tirta sarankan seksual sejak awal, bukan razia kondom

Makassar, IDN Times - Operasi razia kondom oleh petugas Satpol PP di Makassar, Sulawesi Selatan, pada momen hari Valentine, jadi sorotan.

Artis Deddy Corbuzier termasuk yang menanggapi kegiatan tersebut. Tepat di hari Valentine, dia mengunggah sebuah video di akun Instagram pribadinya yang berisi komentar terhadap razia kondom yang diberitakan media massa.

"Saya baru tahu dari dokter Tirta bahwa ternyata ada di sebuah daerah yang Satpo PP-nya di hari Valentine ini merazia kondom. Ya, kondom dirazia. Mungkin disita kondom-kondom tersebut," kata Deddy di akun @mastercorbuzier, Senin (14/2/2022).

Baca Juga: Satpol PP Makassar Razia Kondom karena Cemas Ritual Malam Valentine

1. Deddy menyindir razia kondom sebagai upaya penegakan akhlak

Ramai Sorotan Razia Kondom di Makassar, Corbuzier: Luar Biasa!Ilustrasi Alat Kontrasepsi (IDN Times/Irfan Faturrohman)

Di video itu, Deddy tidak secara terang menyebut razia kondom di daerah tertentu. Pada keterangan konten itu, dia juga cuma menulis "NEGARA PLUS PLUS 62." Namun dia menyematkan tangkapan artikel berita sebuah media yang memberitakan razia kondom di minimarket di Makassar.

Deddy mengomentari berita itu dengan kalimat pujian. Tapi entah itu tulus atau sebuah sindiran.

"Saya sangat setuju. Luar biasa! Memang kita butuh akhlak seperti itu," katanya di video.

"Oleh karena itu bagi anda yang terkena razia kondom, hari ini tidak pakai kondom," dia melanjutkan.

2. Nikita Mirzani: pada bunting massal

Ramai Sorotan Razia Kondom di Makassar, Corbuzier: Luar Biasa!instagram.com/nikitamirzanimawardi_172

Tidak hanya Deddy yang menanggapi razia kondom itu di media sosial. Artis Nikita Mirzani juga meresponsnya lewat unggahan Insta Story.

Di akun pribadinya, @nikitamirzanimawardi_172, Nikita mempertanyakan kebenaran informasi soal razia kondom di Makassar.

"Bagaimana ini Indonesia +62 Masa iya condom Di razia sih?? Yang bener aja dong pak satpol PP makasar," demikian dia menulis.

Di unggahan story berikutnya, dia juga menuliskan sebuah pesan menyindir.

"Pada bunting masa nti waega makasar gara2 condom Di razia Di hari kasih sayang ini beuuhh."

3. Memajang kondom bikin otak sange?

Sementara itu, influencer dr Tirta Mandira Hudhi mempertanyakan konteks tujuan razia kondom di hari Valentine. Sebab kondom merupakan alat kontrasepsi yang juga bisa mencegah penyakit menular seksual.

Menurut Tirta, jika razia itu dikaitkan dengan norma pencegahan seks bebas, maka lebih penting menekankan pendidikan seksual sejal awal.

"Apakah kalo kita majang kondom otomatis otak akan sange? Ya tidaklah," katanya di akun Twitter @tirta_cipeng.

4. Alasan Satpol PP razia kondom

Ramai Sorotan Razia Kondom di Makassar, Corbuzier: Luar Biasa!Karyawan minimarket di Makassar menyimpan alat kontrasepsi saat didatangi petugas Satpol PP, Minggu (13/2/2022). IDN Times/Istimewa

Pemkot Makassar berupaya menekan penjualan alat kontrasepsi seperti kondom, dengan mendatangi sejumlah minimarket, Minggu (13/2/2022). Pada razia itu mereka memberikan imbauan terkait pembatasan penjualan kondom.

Kepala Satpol PP Kota Makassar, Muhammad Iqbal Asnan, mengatakan malam Valentine kerap menimbulkan kekhawatiran terhadap generasi muda. Dengan begitu, perlu ada upaya pencegahan.

"Generasi muda kita harapkan tidak melakukan ritual-ritual yang negatif di malam Valentine nanti. Untuk meminimalisir itu salah satu yang kita lakukan adalah kami minta kepada pelaku-pelaku usaha untuk tidak memajang alat kontrasepsi," kata Iqbal.

Menjelang malam Valentine Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, Pemkot Makassar berupaya menekan penjualan alat kontrasepsi seperti kondom. Petugas Satpol PP pun mendatangi sejumlah minimarket, Minggu (13/2/2022), untuk memberikan imbauan terkait pembatasan penjualan kondom.

Kepala Satpol PP Kota Makassar, Muhammad Iqbal Asnan, mengatakan malam Valentine kerap menimbulkan kekhawatiran terhadap generasi muda. Dengan begitu, perlu ada upaya pencegahan.

"Generasi muda kita harapkan tidak melakukan ritual-ritual yang negatif di malam Valentine nanti. Untuk meminimalisir itu salah satu yang kita lakukan adalah kami minta kepada pelaku-pelaku usaha untuk tidak memajang alat kontrasepsi," kata Iqbal.

Baca Juga: Marak Razia Kondom di Hari Valentine, Dokter Tirta: Tujuannya Apa?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya