Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang Plastik di Maros

Lokasi kebakaran dipasangi garis polisi

Makassar, IDN Times - Polisi tengah menyelidiki kebakaran yang menghanguskan gudang plastik dan 14 rumah di jalan poros Maros-Makassar, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Minggu 19 Februari 2022. Kebakaran itu baru bisa dipadamkan setelah 20 jam upaya tim gabungan.

Tim Pusat Laboratorium Forensik Polda Sulawesi Selatan bersama Polsek Mandai menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi, Rabu (22/2/2023). Olah TKP jadi bagian dari penyelidikan untuk mencari titik terang dari peristiwa itu.

"Kegiatan olah TKP ini bersama tim Puslabfor Polda Sulsel, untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaran di toko grosir plastik Al-Fatir," kata Kapolsek Mandai AKP Asep Widianto dalam keterangannya yang dikutip, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga: Gudang Plastik di Maros Terbakar, Api Padam setelah 20 Jam

1. Lokasi kebakaran dipasangi garis polisi

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang Plastik di MarosLokasi kebakaran gudang toko plastik di jalan poros Maros-Makassar dipasangi garis polisi. (Dok. Polres Maros)

Selama penyelidikan, di lokasi kejadian dipasangi garis polisi. Itu artinya, tidak sembarang orang diizinkan memasuki lokasi. Pemasangan garis polisi untuk kepentingan penyelidikan.

"Selama police line terpasang, tidak diperkenankan siapa pun bisa masuk atau melintas ke dalam lokasi TKP kebakaran," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Maros Iptu Slamet Rahardjo.

2. Petugas masih menyiramkan air

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang Plastik di MarosIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Hingga tiga hari setelah kejadian, petugas pemadam kebakaran masih terus mengupayakan penyiraman di lokasi gudang terbakar. Penyiraman secara berkala disbeabkan adanya sumber titik api yang sering muncul dari bagian bawah bangunan.

Sebelumnya, petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Maros dibantu petugas Damkar dari Makassar dan Pangkep bekerja sama memadamkan api pada Minggu hingga Senin lalu. Petugas membutuhkan waktu 20 jam hingga api padam.

3. Selain gudang, 14 rumah ikut terbakar

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang Plastik di MarosKebakaran menghanguskan gudang plastik di Batangase, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Senin (20/2/2023). (Dok. Polres Maros)

Kebakaran gudang toko bahan plastik Al Fatih di Jalan Poros Makassar-Maros, Batangase, Kecamatan Mandai, Maros, turut berdampak pada rumah warga. Setidaknya ada 14 rumah di sekitar gudang hangus pada peristiwa kebakaran Minggu (19/2/2023).

Kebakaran gudang sempat menjadi perhatian masyarakat karena petugas butuh waktu hampir satu hari untuk memadamkan api. Peristiwa itu juga sempat memicu kemacetan panjang arus lalu lintas.

"Rumah terdampak ada di dekat pasar Batangase sekitar 14 rumah dengan 11 keluarga. Ada sekitar 30-an warga mengungsi di Masjid Nurul Jihad, Pasar Batangase," kata Lurah Bontoa, Muhammad Ilhamsyah, Senin (20/2/2023).

Selain gudang dan rumah terbakar, dilaporkan tidak ada korban dalam kejadian itu. "Tidak ada korban jiwa, semua karyawan saat kejadian keluar saat kejadian, termasuk pemilik toko," kata Kepala Polsek Mandai AKP Asep Widianto kepada wartawan.

Baca Juga: Kebakaran Gudang Plastik di Maros Juga Hanguskan 14 Rumah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya